Pages

Mengenal Manfaat Jambu Air dari Buah hingga Batangnya

Sunday 26 April 2015

Mengenal Manfaat Jambu Air dari Buah hingga Batangnya. Jambu air adalah jenis buah-buahan yang sangat mudah kita jumpai. Jambu air hampir ada di setiap daerah. Jambu air memiliki rasa perpaduan dari asam dan juga manis dengan kandungan air yang cukup banyak serta rasa yang khas. Jambu air ini memiliki keunikan yaitu aroma yang sama dari buah hingga ke daunnya.

Selain rasanya yang khas pohon jambu air juga bisa membuat halaman rumah kita jadi rindang. Dan yang terpenting adalah bahwa jambu air memiliki banyak manfaat mulai dari buah hingga ke batangnya. Bagi anda yang belum tahu apa saja manfaat dari jambu air sebaiknya baca dulu artikel ini hingga selesai.
1. Bijinya

Biji jambu air yang dikeringkan dan dihancurkan dapat dijadikan sebagai obat diare, asma dan juga dapat menurunkan dan meredakan demam. Sedangkan biji buahnya yang masih segar dapat membantu menyembuhkan penyakit disentri, katarak serta diabetes. Dan uniknya lagi biji dari jambu air ini memiliki kandungan zat yang dapat digunakan sebagai anestesi.

baca juga : penyebab diabetes

2. Bunganya

manfaat jambu air bagian bunganya. Bunga dari tanaman jambu air ini memiliki aroma yang manis. Bunga jambu air ini biasa dipakai untuk membantu menurunkan demam. Selain itu bunga jambu air inni juga bisa dijadikan sebagai obat cacar, dengan cara di campur dengan daun jambu air yang sudah dihaluskan dan dijadikan masker.

3. Daunnya

Daun dari pohon jambu air ini dapat digunakan sebagai obat mata serta melancarkan pencernaan.

4. Batang kayunya

Batang kayu jambu air memiliki aroma yang khas sama seperti buahnya. Batang kayu jambu air digunakan untuk mengatasi segala penyakit yang berhubungan dengan pernafasan, mulai dari asma, bronkhitis hingga masalah infeksi tenggorokan.

5. Akarnya

Bagian akar jambu air dapat digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan penyakit epilepsi.

6. Buahnya

Buah jambu air memiliki manfaat yang paling banyak bila dibandingkan dengan bagian-bagian yang lainnya :

a. Buah jambu air dapat membantu mengatasi diabetes yang berperan sebagai transformasi gula menjadi energi.

b. Kandungan vitamin c dan juga seratnya dapat membantu menurunkan kolesterol di dalam tubuh.

c. Buah jambu air juga dapat membantu wanita terlindung dari ancaman kanker payudara.

d. Dapat membantu pria terserang kanker prostat apabila di konsumsi secara rutin.

e. Buah jambu air air juga banyak mengandung vitamin dan juga mineral seperti sodium, potasium, zat besi, protein dan serat. 
 
baca juga : benarkah tidak boleh makan buah saat perut kosong?

Sekarang anda sudah tahukan apa saja manfaat jambu air yang ternyata memiliki banyak manfaat mulai dari buah jambu air hingga ke batangnya. Jadi jangan pernah meremehkan buah jambu air ini.

No comments: