Pages

Susah Berhenti Merokok? Lakukan Taichi Sederhana Ini!

Tuesday 14 April 2015

Apakah anda termasuk salah satu orang yang susah berhenti merokok? Apabila sudah banyak cara yang sudah anda tempuh untuk menghentikan kebiasan merokok, namun tetap saja gagal, anda jangan putus asa terlebih dahulu.

Merokok adalah suatu kegiatan yang banyak membawa banyak dapat negatif bagi perokok maupun orang-orang di sekitarnya. Selain dapat menyebabkan banyak penyakit merokok juga tidak akan baik untuk kesehatan dompet anda.

Apabila anda sudah mulai sadar dan ingin berhenti dari kebiasaan merokok anda dapat mencoba melakukan tai chi sederhana berikut ini. Selain mudah dilakukan tentu saja tidak butuh banyak biaya. Kalau anda ingin berhenti merokok dan gagal, jangan terlalu khawatir. Karena Banyak para pecandu rokok yang akhirnya tobat dan berhenti merokok namun keinginan itu hanya sekedar keinginan dan niat saja pernah sanggup di lakukan.

Berikut beberapa contoh latihan taichi yang bisa membantu anda untuk cara berhenti merokok :
1. Grounnding

Saat berlatih perhatikan sensasi yang terjadi pada tubuh anda. Tarik nafas lalu keluarkan melalui hidung dan lekatkan lidah ke langit-langit mulut.

a. Berdiri dengan kedua kaki terpisah sejajar bahu. Mantapkan posisi anda. Rilekskan seluruh tubuh termasuk paha, bahu dan tenggorokan. Tarik nafas dan angkat kedua tangan sampai setinggi bahu dengan posisi seolah memegang bola bayangan. Hembuskanlah nafas dengan secara perlahan.

b. Tarik nafas dan perbesar bola imajine hingga selebar bahu. Rasakan sensasi tubuh anda. Keluarkan nafas saat bola yang anda pegang kembali mengecil. Hirup vitalitas dan hembuskan negativitas.

2. Posisi awal / pembukaan

c. Berdiri dengan kedua kaki terpisah sejajar dengan bahu. Rileks, jangan dibuat kaku bagian lutut anda, posisi tulang ekor seolah hendak menurun diantara kedua kaki anda. Tarik nafas secara perlahan dan dalam sementara itu angkat kedua tangan sejajar bahu dengan telapak menghadap ke lantai. Biarkan tubuh tetap rileks dan pikiran fokus.

d. Tarik nafas perlahan saat anda menurunkan tangan sementara kedua lutut ditekuk sedikit dengan posisi punggung tetap lurus/ tegak. Turunkan tubuh hingga lutut persis berada diatas ujung jari-jari kaki. Telapak tangan tetap berada paralel dengan lantai, gerakkan kesamping paha saat lutut dan siku menekuk.

e. Letakkan kedua telapak tangan diperut, persis dibagian bawah pusar. Bernafaslah perlahan dan tetaplah pada posisi ini selama tiga hingga empat menit. Rasakan sensasi yang terjadi di tubuh anda.

Gerakan-gerakan tesebut akan membantu anda untuk menyatukan tubuh dan pikiran, sehingga dapat membantu anda untuk mefokuskan dan melakukan niat untuk berhenti merokok.

No comments: