Pages

Arti mata kedutan (keduten) menurut mitos dan kedutan menurut medis

Monday 10 November 2014

Arti mata kedutan (keduten) menurut mitos dan kedutan menurut medis . Seringkali bagian tubuh seperti mata kedutan dengan tiba-tiba tanpa sebab. Orang jawa sering menyebutnya dengan keduten. Banyak mitos yang berkembang dilingkungan orang jawa mengenai arti kedutan itu sendiri. Bagi yang mempercayainya mungkin kedutan di beberapa bagian tubuh mereka memang merupakan suatu pertanda akan adanya kejadian yang datang pada mereka.

Bagian tubuh yang sering terkena kedutan adalah mata, baik itu mata kanan maupun mata sebelah kiri. Baik itu pada kelopak mata bagian atas, bagian bawah ataupun pada ujung mata. arti kedutan Menurut mitos orang jawa beda letak kedutan maka akan beda juga artinya.

Kedutan pada kelopak bagian bawah mata kiri, menurut mitos ini menandakan bahwa anda akan menemui kesusahan atau anda akan menangis.

Kedutan pada kelopak atas mata kiri berarti akan bertemu dengan kekasih atau orang yang disayangi.

Kedutan pada alis mata kanan menandakan akan berbahagia akan tetapi mengalami kesusahan terlebih dahulu.

Kedutan pada alis mata kiri berarti akan bertemu dengan sanak famili atau keluarga.

Kedutan pada kelopak bagian atas mata kanan berarti akan mendapatkan sebuah keuntungan, sedangkan pada kelopak mata bagian bawah berarti akan bersedekah.

Kedutan pada bagian ekor mata baik kanan maupun kiri diartikan dengan anda akan bertemu dengan saaudara dari jauh.

Lalu bagaimanakah kedutan jika dilihat dari sisi medis? Dalam istilah medisnya kedutan disebut Blepharospasm (Beb) yaitu suatu kontraksi otot yang tidak terkontrol sehingga menyebabkan kontraksi pada sekitar mata.

Apabila kedutan di sekitar mata ini terus-terusan terjadi bisa jadi ini adalah suatu gejala adanya gangguan syaraf. Namun jika kedutan ini hanya terjadi sesekali saja bisa jadi karena anda kurang tidur, sedang stress, kelelahan atau terlalu lama menatap layar monitor anda.atau mungkin juga anda mengalami mata minus.

Untuk mengurangi adanya kedutan ini sebaiknya anda mulai menurunkan tingkat stress anda, tidur cukup minimal 7 jam setiap hari dan kurangilah konsumsi kopi.

Menurut beberapa dokter mata menyatakan bahwa keduatan hanya merupakan kontraksi yang melibatkan kerja otot orbicularis oculi, nanmun ada juga dokter yang mengungkapkan bahwa kedutan adalah suatu tanda tubuh anda mengalami gangguan ringan.

Secara umum penyebab mata kedutan adalah stress, kelelahan, mata lelah, terlalu berlebih konsumsi kafein dan alkohol, mata kering, adanya ketidakseimbangan nutrisi, dan juga karena alergi.

Meski kedutan ini bukan masalah penyakit yang mengerikan, namun bila kedutan ini terlalu sering terjadi lebih baik anda periksakan pada dokter mata atau dokter spesialis syaraf. Mencegah selalu lebih baik daripada mengobati bukan?

Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan juga membuka wawasan pengetahuan anda. Jadi tidak semata-mata dikaitkan dengan mitos saja tetapi juga dikaitkan dengan medis.terimakasih atas kunjungan anda.

No comments: