Pages

Pengalaman Pertama Tes CPNS Menggunakan Sistem CAT

Thursday 27 November 2014

Ini adalah pengalaman pertama saya mengikuti tes CPNS dengn sistem cat. Pada mulanya saya berpikir tes cpns dengan sistem cat ini akan lebih susah daripada sistem manual atau lembar jawab komputer. Karena dengan sistem cat soal ditampilkan pada layar monitor laptop, sedangkan saya terbiasa mengerjakan soal dengan corat coret pada lembar soalnya. Jadi waktu mendengar sistem cat sudah parno duluan. Pokoknya banyak pikiran-pikiran negatif di benak saya

Dan akhirnya hari tes cpns pun datang juga. Kamis 27 november 2014 jam 07.00 pagi. Dan di kartu undangan tertulis bahwa peserta harus hadir 30 menit sebelum jadwal ujian. Dah males duluan bacanya. Mana jarak dari rumah ke tempat tes lumayan jauh sekitar 1 jam perjalanan. Maklum rumah saya di daerah cilacap sedangkan tempat tes cpns di purwokerto. Meskipun saya daftar cpns kabupaten cilacap namun tetap semua tesnya di purwokerto. Karena baru purwokerto yang memiliki fasilitas untuk tes cpns sistem cat.



Alhasil saya berangkat dari rumah dianterin bapak terhebat jam 05.30 pagi, pokoknya saingan sama pedagang pasar deh berangkatnya. Hahahaha..... dan bersyukur pagi itu tidak hujan, namun karena saya lewat jalanan pegunungan kabutnya cukup tebal jarak pandang hanya sekitar 200 meter. Tetapi pemandangannya subhanalloh indah sekali. Sepanjang jalan di pegunungan mulut saya gak henti-hentinya memuji ciptaan Tuhan YME. Saking indahnya sampai sesaat saya lupa bahwa saya sedang panik dan khawatir mengahdapi tes. Sejenak pikiran langsung seger dan tenang.

Akhirnya jalanan pegunungan pun usai dan sampai dijalanan perkotaan yang sudah mulai rame dengan kendaraan, dan panik saya pun muncul kembali. Sampai di tempat tes cpns tepat pukul 06.30 dan saya lihat sudah berderet orang-orang memakai seragam hitam putih sama seperti saya. Turun dari sepeda motor gak ngerti harus menuju kemana dulu, akhirnya lihat papan pengumuman nomor peserta untuk lihat dimeja berapa kita saya harus absensi. Lalu ikut antrian absensi. Menunggu sekitar 30 menit akhirnya sampai giliran saya untuk absensi. Tanda tangan sebanyak 4 kali. Udah kayak artis dadakan. Habis absen tangan saya di cap tulisan tes cat kab. Clp. Berasa kaya mau masuk dufan. Hanya saja bermain dengan soal-soal di dalam sana.

Setelah dicap, lalu antri kembali untuk cek detektor logam. Sebelum masuk ruangan tes harus dipastikan tidak membawa benda-benda berbahaya atau alat komunikasi apapun. Bahkan jam tanganpun harus dilepas. Dan anehnya saya bisa lolos cek detektor padahal saya menggunakan jam tangan. Tapi untungnya mbak-mbak disebelah saya baik hati dan mengingatkan saya untuk menitipkan jam tangan saya. Karena konsekuensi apabila ketahuan mengenakan jam tangan atau membawa alat komunikasi maka akan langsung di diskualifikasi.

Akhirnya sampai juga di depan layar monitor laptop yang terpampang tulisan UJIAN CPNS sistem CAT. Hadeh langsung ciut hati ini rasanya. Setelah beberapa menit dapat pengarahan akhirnya langsung mengerjakan soa. Dan ternyata tidak semenakutkan seperti yang saya bayangkan selama ini. dan Alhamdulillah bisa mengerjakan dan aman dari batas passing grade.

Berikut saya punya beberapa tips untuk menghadi tes cpns dengan sistem cat. Ini berdasarkan pengalaman pribadi saya ya teman.

1. Harus cukup istitahat. Hindari begadang pada malam sebelum ujian. Karena aan membuat badan kita kurang fit. Jadi begadang buat belajarnya dua hari atau tiga hari sebelumnya.

2. Sarapan terlebiih dahulu sebelum berangkat. Jangan samapai pingsan saat mengerjakan soal karena kelaparan. sarapan juga bisa meningkatkan kinerja otak kita dan meningkatkan konsentrasi

3. Jangan panik. Jangan merendahkan kemampuan diri sendiri. Ingatlah bahwa orang-orang diluar sana juga sama-sama tidak bisa

4. Berdoa sebelum berangkat dan juga sesaat sebelum mengerjakan soal

5. Kerjakan soal dengan tenang. Jangan terburu-buru. Abaikan untuk sementara waktu yang tersedia. Juga jangan terlalu panik saat yang lain sudah selesai mengerjakan

Nah itulah tadi pengalaman saya mengikuti tes cpns dengan menggunakan sistem cat dan beberapa tips dari saya untuk menghadpi ujian cpns. Semoga kita semua sukses lulus cpns tahun ini. terimakasih kunjungannya.

No comments: