Pages

Materi Soal bahasa indonesia yang sering keluar di tes CPNS

Tuesday 25 November 2014

Materi Soal bahasa indonesia yang sering keluar di tes CPNS. Soal-soal Tes cpns terdiri dari tes wawasan kebangsaan atau TWK,tes intelegensia umum atau TIU, tes karakteristik pribadi atau TKP, materi soa bahasa indonesia dan tes bahasa inggris. Sekarang ini tes CPNS sudah menggunakan sistem Cat yaitu computer assisted cat. Pada sistem cat ini peserta tes sudah bisa langsung mengetahui skor atau nilai yang didapat. Dengan sistem cat ini para pendaftar tes cpns tidak perlu lama-lama menunggu pengumuman kelulusan tes karena sudah bisa memprediksinya sendiri dengan melihat hasil skor atau nilai saat tes menggunakan sistem cat.Pengalaman pertama mengikuti tes CPNS sistem CAT memang mendebarkan.
Salah satu materi tes cpns yaitu tes bahasa indonesia. Dalam mengerjakan tes bahasa indonesia sebaiknya nada belajar lebih dalam tentang soa-soal bahsa indonesia yang sering muncul dan lekuar pada soal tes cpns. Tes bahasa indonesia adalah tes kemampuan untuk mengetahui kemampuan berbahasa. Tes bahasa indonesia terdiri dari soal-soal dengan materi yang beragam. Strategi dalam mengerjakan tes bahasa indonesia ini adalah lebih berhati-hati dan teliti dalam membaca soal, karena kunci jawaban yang diesediakan dalam tes bahasa indonesia kebanyakan mirip sehingga akan membingungkan bagi yang kurang teliti.

Jenis tes bahasa indonesia yang biasa muncul di tes cpns

1. Klimat baku

Kalimat baku dalam bahasa indonesia adalah kalimat yang efektif digunakan untuk meyampaikan gagasan secara tepat serta menggunakan kata-kata yang baku. Kalimat baku disusun sesuai dengan tata tulis, aturan dan kaidah yang telah dibakukan dalam bahasa indonesia.

Hal penting yang harus diperhatikan dalam soal-soa klimat baku anatara lain : keefektifan kalimat, penggunaan huruf kapital pada awal klimat, serta penggunaan tanda baca seperti koma, titik, seru, serta tanda tanya.

Ciri-ciri kalimat baku :

a. Tidak dipengaruhi oleh bahasa daerah atau bahasa asing

b. Bukan ragam percakapan

c. Tidak rancu

d. Tidak mengandung kata yang berlebihan dan memakai imbuhan secara tegas

e. Tidak hiperkorek, yaitu menghendaki kalimat yang sempurna berlebihan, tetapi hasilnya justru sebaliknya.

2. Klimat efektif

Kalimat efektif adalah kalimat yang sesuai dengan tata tulis yang ada dalam bahasa indonesia. Kalimat efektif ditulis secara baku dan sesuai dengan aturan yang ada. Kimat efektif tida menggunakan diksi. Kalimat efektif juga dapat diartikan sebagai klimat yang sesuai dengan kaidah bahasa indonesia serta enak didengar. Ciri – ciri klimat efektif :

a. Memiliki struktur bahasa yang seimbang yaitu terdapat subjek dan predikat yang jelas.

b. Menggunakan kata yang sepadan atau sederajat.

c. Ketegasan kata dengan tidak adanya pengulangan kata atau penggunaan kata yang tidak sesuai.

Suatu kalimat menjadi tidk efektif apabila terdapat repetisi atau pengulangan yang tidak jelas, adanya pengulangan subjek, boros kata dan tida logis.

3. Kalimat majemuk

Kaimat majemuk adla kaimat yang memiliki dua pola atau lebih. Kalimat majemuk dibagi menjadi tiga jenis yaitu :

a. Kalimat majemuk setara yaitu kalimat majemuk yang terdiri atas beberapa pola dengan kedudukan antar pola yang setara. Kata penghubung kaimat majemuk setara : dan, tetapi, bahkan, atau, lalu dan lantas.

b. Kaimat majemuk bertingkat yaitu kaimat majemuk yang terdiri atas dua pola atau lebih dan kedudukan kalimat tersebut bertingkat. Kata penghubung kaimat majemuk bertingkat : jika, kalau, manakala, maka, sehingga, dengan, bahwa, andaikata, meskipun, walaupun dan supaya

c. Kalimat majemuk campuran yaitu kalimat majemuk yang merupakan gabungan dari kalimat majemuk setara dan kaimat majemuk bertingkat.

Untuk sementara itulah empat jenis tes yang ada dalam tes cpns bahasa indonesia. Untuk jenis yang lainnya silahkan baca tulisan saya selanjutnya.