Pages

Soal Tes Cpns Bahasa Indonesia Part 2

Tuesday 25 November 2014

Soal Tes CPNS Bahasa Indonesia. Setelah sebelumnya saya memposting tentang materi soal  bahasa indonesia pada tes cpns dan baru terdiri dari 3 jenis berikut akan saya lanjutkan jenis-jenis lain dalam tes bahasa indonesia.

1. Kalimat langsung dan tidak langsung

a. Kalimat langsung adalah kalimat yang menirukan ucapan orang lain. Ciri-ciri kalimat langsung : penulisannya menggunakan tanda petik (“), memiliki intonasi, huruf pertama pada petikan dimulai dengan huruf kapital, serta bagian kutipan merupakan kalimat tanya, berita, ataupun perintah.

b. Kalimat tidak langsung adalah kalimat yang diucapkan oleh orang lain. Ciri-ciri kalimat tidak langsung : tidak menggunakan tanda petik, nada pada saat pengucapan datar, berupa kata berita dan menggunakan kata ganti orang pertama, kedua dan ketiga.

2. Makna kata

Makna kata terdiri atas dua, yaitu makna kata konotatif dan makna kata denotatif. Makana kata konotatif atau konotasi adalah makna kata yang bukan sebenarnya atau kiasan. Misalnya panjang tangan, besar kepala dan tangan kanan. Makna kata denotatif atau denotasi adalah makna kata yang sebenarnya. Contoh : kaki meja, tangan yang panjang dan lain-lain.

3. Imbuhan

Imbuhan dalam bahasa indonesia terdiri atas beberapa macam yaitu awalan, akhiran dan sisipan.

a. Awalan ber-

Awalan ber dapat membentuk kata kerja yang memiliki arti saling, mempunyai, menggunakan, melakukan, terdiri atas, dll. Contoh : berkelahi

b. Imbuhan se-

Berfumgsi untuk membentuk kata bilangan. Contoh : selembar, sebuah

c. Imbuhan me-

Berfungsi membentuk kata kerja yang memiliki arti mencari, membuat. Contoh : merumput

d. Imbuhan di-

Berfungsi membentuk kata kerja pasif. Contoh :dibeli, dijual, dibuang

e. Imbuhan ke-

Berfungsi membentuk kata benda atau kata bilangan. Contoh : kedua

4. Inti kalimat dan pemenggalan kata

Inti kalimat adalah kalimat yang merupakan kalimat inti dari sebuah kalimat yang panjang. Ciri-ciri inti kalimat : hanya terdiri atas unsur S/P/O/K, berpola kalimat S-P, biasanya berupa kalimat berita.

Pemenggalan kata adalah pemenggalan dari kata berimbuhan yang pemenggalannya harus sesuai dengan kata dasar.

5. Sastra

Karya sastra yang dikenal adalah puisi, fiksi dan drama. Drama adalah karya sastra berupa dialog dan lakuan. Fiksi terdiri dari cerpen dan novel.

a. Cerpen

Cerpen adalah cerita pendek yang mempunyai tokoh dan alur cerita sederhana,

b. Novel

Novel adalah karya sastra yang mempunyai tokoh dan alur yang komplek

Beberapa novel yang terkenal : ronggeng dukuh paruk karya ahmad tohari, supernova karya dewi lestari, saman karya ayu utami, cinta sepanjang amazon karya mira w.

Semoga saja artikel saya ini dapat memberikan gambaran bagi anda yang akan menghadapi soal tes cpns terutama soal cpns bahasa indonesia. Selamat berusaha dan semoga kita sama-sama sukses menaklukan soal-soal dalam tes cpns tahun ini. terimakasih atas kunjungannya.

No comments: