Pages

Resep Kue Serabi Rangin

Friday 16 October 2015

Resep Kue Serabi Rangin. Akhir-akhir ini kue tradisional kembali di gandrungi oleh kalangan masyarakat. Berawal dari ingin melestarikan warisan nenek moyang, banyak daerah yang mulai mengangkat makanan tradisional dan dikemas dengan tampilan yang lebih menarik.

Salah satu kue tradisional yang banyak diminati adalah kue serabi rangin. Kue ini memiliki beberapa sebutan yang berbeda di bebagai daerah. Ada yang menyebutnya sebagai kue pancong atau kue rangin. Makanan yang enak ini dulu sering saya jumpai ketika masih kecil dan banyak yang memnjajakan secara keliling kampung, namun kini kue serabi rangin ini sudah banyak di jual di toko kue tradisional.

Bagi anda yang kangen merasakan kue serabi rangin ini, bbeikut akan dibagikan mengenai cara membuat resep kue serabi rangin.

Baca juga : Resep kue klapertart

Bahan yang harus disiapkan :
santan dari setengah butir kelapa ambil 400 ml
santan cair 600 ml dari setengah butir kelapa
gula pasir sebanyak 50 gram
kelapa dengan kematangan sedang sebanyak 250 gram di parut memanjang
2 butir telur ayam
margarin secukupnya
garam seperlunya

Cara membuat resep kue serabi rangin :
1. campurkan tepung beras sebanyak 100 gram dengan santan ketal, klemudian aduk hingga merata
2. masak adonan menggunakan api sedang dan terus diaduk hingga adonan mengetal, angkat dan sisihkan
3. sis tepungberas yang masih di campurkan denga parutan kelapa, rebusan tepung beras yang pertama kemudian garam, kemudian aduk hingga rata
4. tambahkan santan cair dan telur yang telah di kocok, aduk kembali hingga rata
5. panaskan alat panggang / cetakan kue pancong, olesi degan margarin. andharus memastikan bahwa cetakan suda benar-benar panas.
saat memanggang kue serabi rangin gunakan api kecil supaya kue rangin matang sempurna dan tidak gosong.
6. setelah cetakan dirasa benar-benar panas, tuangkan adonan sekitar 3/4 tinggi dari cetakan. masak hingga adonan matang, kemudian angkat dan sajikan dengan diberi taburan gula pasir.

BAca juga : resep klepon ungu

itulah cara membuat resep kue serabi rangin. Namun ada juga resep serabi rangin dengan versi yang lebih sederhana. Semua bahan yang digunakan sama seperti resep diatas, hanya saja tida menggunakan telur. Dan saat memasaknya lebih mudah lagi.

cukup campurkan semua bahan kemudian di panggang hingga matang dan disijkan dengan taburan gula pasir. Anda bisa mencoba kedua cara tersebut. dan silahkan pilih yang mana yang lebih cocok di lidah anda. Semoga hasilnya enak dan semoga bemanfaat artikelnya. terima kasih telah bekunjung.

sumber : zonamakan.blogspot.com/2014/03/resep-kue-rangin-gurih-nikmat.html
danishmubarok.blogspot.co.id/2011/06/resep-cara-membuat-kue-rangin-dan.html

No comments: