Pages

Istimewanya Hari Jum'at dalam Islam

Saturday 10 October 2015

Keistimewaan Hari Jum'at. Dalam agama islam semua hari merupakan hari yang baik. namun kita mengenal ada satu hari yang dianggap terbaik diantara hari-hari yang lain dlam islam yaitu hari jumat. Hari jum'at memiliki keistimewaan tersendiri bagi umat islam. dalam islam hari jumat menjadi rajanya hari.

Beberapa keutamaan dan keistimewaan hari jum'at mungkin baru sedikit saja yang mengetahui. Selama ini mungkin kita hanya mengenal istimewanya hari jum'at karena adanya sholat jum'at. Padahal masih banyak keistimewaan yang lain yang bisa kita temuai pada hari jum'at. nah beikut adalah beberapa keistimewaan hari jumat yang harus kamu ketahui.

Baca juga : Keistimewaan air zam-zam

1. pada hari jumat tedapat waktu yang mustajab untuk bedoa
seperti sabda Rasulullah "Sesungguhnya pada hari Jum'at terdapat waktu mustajab bila seorang hamba muslim melaksanakan shalat dan memohon sesuatu kepada Allah pada waktu itu, niscaya Allah akan mengabulkannya. Rasululllah mengisyaratkan dengan tangannya menggambarkan sedikitnya waktu itu"
(Hadis Riwayat Muttafaqun Alaih). waktu yang dianggap mustajab untub bedoa di hari jumat adalah saat duduk seorang khatib hingga selesainya sholat dan yang kedua adalah setelah Ashar.

2. hari jumat merupakan hari yang paling baik
hari jumat adlah hari yang paling baik diantara hari yang lainnya. seperti yang diriwayatkan oleh abu hurairah "Hari terbaik dimana pada hari itu matahari terbit adalah hari Jum'at. Pada hari itu Adam diciptakan, dimasukkan surga serta dikeluarkan darinya. Dan kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jum'at"

3. Pada hari jumat allah menampakkan diri pada Hambanya di surga

4. sedekah di hari jumat itu lebih utama di banding hari yang lain
ada hadis yang menjelaskan bahwa sedekah pada hari jumat jauh lebih baik di banding hari yang lain, karena sedekah pada hari jumat itu sama seperti sedekah di bulan ramadhan.

5. hari d hapuskan dosa
Keistimewaan hari jumat yang selanjutnya adalah hari dihapuskannya dosa-dosa seperti sabda Rasulullah "iapa yang mandi pada hari Jum’at, bersuci sesuai kemampuan, merapikan rambutnya, mengoleskan parfum, lalu berangkat ke masjid, dan masuk masjid tanpa melangkahi diantara dua orang untuk dilewatinya, kemudian shalat sesuai tuntunan dan diam tatkala imam berkhutbah, niscaya diampuni dosa-dosanya di antara dua Jum’at”

6. jalannya orang yg akan sholat jumat dianggap sebagai pahala
“Siapa yang mandi pada hari Jum’at, kemudian bersegera berangkat menuju masjid, dan menempati shaf terdepan kemudian dia diam, maka setiap langkah yang dia ayunkan mendapat pahala puasa dan shalat selama satu tahun, dan itu adalah hal yang mudah bagi Allah”. (HR. Ahmad dan Ashabus Sunan, dinyatakan shahih oleh Ibnu Huzaimah).

7. orang yang meninggal di malam tau hari jumat dianggap khusnul khatimah
seperti yang diriwayatkan dalam sebuah hadis bahwa siapa yang meninggal pada siang di hari jumat maupun malamnya , maka Allah akan menyelamatkanya dari fitnah kubur.

8. hari jumat adalah hari yang paling utama di seluruh dunia

baca juga : keistimewaan wanita dalam islam

Itulah beberapa keistimewaan hari jumat. Setelah mengetahui banyaknya keistimewaan pada hari jumat semoga bisa menjadi penyemangat bagi kita untuk lebih taat dalam beibadah dan selalu berbuat baik.
Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. terimakasih telah berkunjung.

sumber : http://www.makintau.com/2014/11/beberapa-keistimewaan-hari-jumat-dalam-islam.html

No comments: