Pages

Pengertian Perubahan Sosial dan Teori Perubahan Sosial

Thursday 15 October 2015

Pengertian Perubahan Sosial dan Teori Perubahan Sosial. Didalam menjalani kehidupan setiap manusia pasti melakukan suatu peruabahan di dam hidupnya. Tanpa kita sadari perubahan sosia yang tejadi di masyarakat dapat berlangsung begitu cepat. Namun sudahkah kita paham dan menyadari tentang adanya perubahan sosial itu sendiri?

Pengertian perubahan sosial.
Perubahan sosial dapat diartikan sebagai perubahan yang terjadi dikarenakan adanya ketidaksesuaian antara unsur-unsur sosial yang satu sama lainnya saling berbeda sehingga terjadi kondisi fungsinya tidak serasi bagi kehidupan. Beberapa mendefinisikan pengertian perubahan sosial dengan berbagai versi :

1. Menurut John Philip Gillin dan John Lewis Gillin
Mereka mendefinisikan perubahan sosial sebagai sebuah variasi dari cara hidup yg diterima, yang diakibatkan oleh adanya perubahan kondisi geografis, ideologi, komposisi penduduk, kebudayaan material, ataupun karena adanya difusi serta penemuan baru dalam masyarakat.

2. Menurut Samuel Koenig
Ia mendefinisikan pengertian perubahan sosial lebih meunjuk kepada modifikasi atau perubahan yg terjadi dlm pola -pola kehidupan manusia. adanya modifikasi tersebut bisa terjadi karena adanya faktor eksternal maupun faktor internal.

3. Kingsley Davis
Perubahan sosial diartikan sebagai perubahan yang tejadi di sebabkan oleh fungsi masyarakat dan struktur masyarakat.

4. Menurut Selo Soemardjan
Perubahan sosial merupakan perubahan yang tejadi pada lembaga kemasyarakatan di dalam suatu masyarakat yg mempengaruhi sistem sosial di dalamnya, termasuk nilai, sikap dan juga pola perilaku di antara kelompok di dam masyarakat.

Dari keempat definisi perubahan sosial menurut para ahli sosiologi dapat dilihat dengan jelas bahwa perubahan sosial mencakup 3 hal utama yaitu :
a. perubahan pola-pola / lembaga kemasyarakatan
b. mempengaruhi sistem sosial, termasuk di dalamnya adalah struktur sosial serta perwujudan kebudayaan.
c. disebabkan oleh adanya faktor internal maupun eksternal dari masyarakat itu sendiri.

Baca juga : Pengertian sistem informasi geografis

Teori-teori tentang Perubahan sosial
Ada beberapa kondisi yang dapat menyebabkan terjadinya perubahan sosial, seperti teknologis, kondisi ekonomis, geografis serta biologis. Berikut adalah beberapa teori yang menjelaskan mengenai penyebab terjadinya perubahan sosial :

1. teori evolusi
Teori ini berpegang pada teori Darwin serta tepengaruh oleh beberapa pendapat tokoh seperti Herbert Spencer, emile Durkheim, serta ferdinand Tonnies.
teori evolusi ini masih dianggap belum menjawab petanyaan mengenai mengapa masyarakat berubah, karena pad teori evolusi ini hanya menjelaskan mengenau proses tejadinya perubahan itu sendiri bukan alasan tejadinya perubahan.

2. teori konflik
Ralf Dahrendorf mengemukakan pendapatnya bahwa segala perubahan sosial merupakan hasil dari suatu konflik kelas di dlam masyarakat.Menurutnya konflik sosial serta perubahan sosial selalu melekat dalam struktur masyarakat.
Teori konflik ini beranggapan bahwa konflik berasal dari sebuah pertentangan kelas antara kelompok tertindas dengan kelompok yang berkuasa yang akan mengarah pada perubahan sosial.

3. Teori fungsionalis
teori fungsionalitas ini muncul sebagai pemberi jawaban atas ketidakpuasan masyarakat mengenai perubahan sosial. teori ini dianggap sukses menjelaskan mengenai perubahan sosial yg tingkatnya moderat.menurut william ogburn meskipun unsur masyarakat saling bekaitan namun ada beberapa unsur yang bisa saja berubah dengan sangat cepat sementara itu unsur lainnya tidak terlalu cepat. hal ini mengakibatkan ada unsur yg tertinggal yg akan menjadikan kesenjangan atar unsur tersebut. perubahan seringkali memberikan hasil berupa kejutan sosial yg akan memunculkan pola-pola perilaku yg baru, yg meskipun terjadinya konflik dengan nilai-nilai tradisional.

Baca juga : pengertian desa dan kota

4. Teori siklus
Teori ini memiliki anggapan bahwa perubahan sosial tidak akan dapat dikendalikan sepenuhnya oleh siapapun, karena di dalam masyarakat terdapat adanya siklus yg harus diikutinya.teori ini juga mengungkapkan bahwa kemunduran maupun kemajuan sebuah peradaban tdak dapat dielakkan, dan tidak selamanya bahwa perubahan sosial memberikan kebaikan.

Semoga saja tulisan mengenai pengertian perubahan sosial dan teori perubahan sosial ini bemanfaat. teimakasih telah berkunjung.

No comments: