Pages

Berbagai Jenis Kopi

Sunday 25 October 2015

Berbagai Jenis Kopi. Jika pada artikel sebelumnya kita pernah berbagai mengenai manfaat kopi bagi kesehatan dan juga kecantikan, maka kali ini kita akan berbagi mengenai berbagai jenis kopi. Ada pepatah yang mengatakan tak kenal maka tak sayang.

Maka dari itu kita akan belajar untuk mengenal jenis kopi siapa tau membuat kita semakin sayang dengan kopi dan yang pastinya untuk menambahkan pengetahuan kita semua. Selama ini yang kita tahu cuma jenis kopi item, white cofee ataupun kopi instan yang sangat banyak dijual di pasaran.

Secara umum kopi dikenal dengan 4 varian jenis, yaitu kopi liberika, kopi arabika, kopi excelsta dan kopi robusta.
baca juga : manfaat kopi untuk kesehatan

1. Kopi liberika
Kopi jenis liberika ini berasal dari daerah Libeia di afrika barat. Pohon kopi libeika bisa mencapai ketinggian hingga 9 meter.
karakteisitik dari kopi libeika antara lain ; Kopi liberika sepanjang tahun akan teus bebuah, Kualitas buahnya yang relatif rendah, memiliki ukuran biji kopi yang lebih besar jika dibandingkan dengan jenis arabika dan robusta dengan ukuran yang tidak merata, tumbuh baik didaerah rendah.

2. kopi arabika
Jenis kopi yang selanjutnya adalah kopi arabika. Biji kopi arabika memiliki bentuk yang lebih kecil dibanding dengan biji kopi robusta, tinggi pohon kopi arabika hanya sekitar 2 hingga 3 meter. kopi arabika berasal dari daerah etiopia, Kopi arabika dapat tumbuh pada daerah dengan ketinggian 600 hingga 2000 mete diatas permukaan laut.
dari sekian banyak jenis kopi yang dijual di pasaran pada umumnya merupakan jenis kopi arabika.

3. kopi robusta
kopi robusta ditemukan pertama kali di daerah kongo. rasa kopi robusta lebih pahit dari kopi yang lain. memiliki kandungan asam yang lebih sedikit, dan kandungan kafein yang lebih tinggi.
Tanaman kopi robusta ini lebih tahan tehadap serangan hama sehingga lebih mudah dibudidayakan dan mengakibatkan harganya menjadi lebih murah.
salah satu varietas dari kopi robusta yang terkenal adalah kopi kape alamid dari daerah filipina.

baca juga ; resep puding kopi lapis busa
4. kopi ekcelsa
kopi ini berasal dari daerah afrika. Hingga saat ini jenis kopi ini masih dalam tahap pengembangan.

5. kopi luwak
Kopi luwak adalah salah satu jenis kopi yang berasal dari hasil fementasi alami di dalam perut luwak. Kopi luwak yang paling tekenal adalah kopi luwak dari indonesia. Kopi luwak ini bisa saja berasal dari jenis kopi robusta maupun arabika tergantung yang dimakan oleh hewan luwaknya. kopi luwak dari indonesia memiliki harga yang cukup tinggi karena diklaim memiliki rasa serta cara tebentuknya yang unik.

Hewan luwak 90 persen memilih biji kopi yang sudah benar-benar matang, karena dia tidak membedakan dari warna biji kopinya namun dengan daya penciumanya yang tajam. dan dalam satu pohon luwak hanya mengambil 1 hingga 2 butir saja. jadi sudah jelas kopi dengan tingkat kematangan yang paling baik yang dimakan oleh luwak. Hal ini juga yang menjadikan kopi luwak ini dihargai sangat tinggi.

Dari sekian banyak jenis kopi tidak dapat ditentukan mana kopi yang paling enak, karena semua tergantung pada selera penikmatnya. Namun hampir 70% penikmat kopi didunia lebih menyukai kopi arabica dan 30 % nya kopi robusta. Semoga artikel ini bemanfaat. Terimakasih telah bekunjung.

sumber : http://sains.kompas.com/read/2010/02/09/1703067/Mengenal.Jenis.Kopi.Kelas.Dunia

No comments: