Pages

Bahaya Penggunaan Earphone

Sunday 4 October 2015

Bahaya menggunakan earphone. Sekarang ini earphone dan headset merupakan salah satu barang penting yang harus di bawa kemanapun pegi. Earphone / headset memang banyak membeikan kemudahan bagi pemiliknya, earphone bisa digunakan untuk mendengarkan musik, radio ataupun digunakan saat melakukan panggilan. Terutama bagi kawula muda. 

Ketika harus menunggu lama banyak orang biasanya lebih memilih untuk bermain game ataupun mendengarkan musik menggunakan earphone. Karena selain praktis tentu saja penggunaan earphone juga tidak akan mengganggu orang-orang disekitarnya.


Meskipun banyak manfaat yang dapat diperoleh dari penggunaan earphone, tenyata ada juga dampak negatif dan bahaya  penggunaan earphone ini terutama bagi kesehatan pemakainya. Berapa bahaya penggunaan earphone bagi keseharan.

1. Menimbulkan kerusakan yang permanen pada telinga
Terutama jika sering menggunakan earphone dan mendengarkan musik yang terlalu keras sehingga membuat telinga tidak sanggup lagi untul menanggung beban suara yang keras dari headset atau eraphone yang terhubung secara langsung ke telinga.
baca juga : bahaya penggunaan deodorant

2. Kerusakan pada otak
Gelombang elektromagnetik yang diakibatkan oleh earphone dapat mempengaruhi otak manusia. meskipun belum disebutkan secara jelas seberapa besar pengaruhnya namun tetap saja kita harus waspada dan lebih bijak dalam pemanfaatan earphone.

3. Mempengaruhi ambang pendengaran
Terlalu seringnya mendengarkan musik yang terlalu keras menggunakan earphone dapat mempengaruhi ambang pendengaran. Hal ini secara perlahan dapat mengakibatkan gangguan pendengaran secara permanen.
baca juga : bahaya makan mie campur nasi

4. Mengakibatkan infeksi pada telinga
Terutama apabila memiliki kebiasan menggunakan earphone secara bergantian dengan orang lain. biasanya ada yang memiliki kebiasan pinjam meminjam earphone. tanpa disadari kebiasaan ini dapat menularkan bakteri yang ada pada telinga yang dapat mengakibatkan infeksi.

Setelah kita memahami banyak dampak negatif dan bahaya penggunaan earphone sebaiknya kita mulai lebih bijaksana untuk menggunakan headset. Yaitu gunakan earphone selama 15 menit saja dan atur volume tidak lebih dari 90 desibel. sayangi telinga dan otak kita. karena sekali lagi mencegah selalu jauh lebih baik daripada mengobati. Semoga artikel ini bermanfaat dan teimakasih telah berkunjung.

No comments: