Pages

Amalan Utama di Hari Ju'mat

Wednesday 14 October 2015

Amalan Hari Jumat. Kita semua sepakat bahwa hari jumat adalah hari yang istimewa bagi umat muslim. Hari dimana Menjadi sangat spesial dan dianggap sebagai hari yang paling baik di bandingkan dengan hari yang lain.

Seperti yang telah kita bahas pada artikel tedahulu mengenai keistimewaan di hari jumat. Sebagai hari yang istimewa tentu saja kita ingin melakukan amalan-amalan yang istimewa juga pad hari yang istimewa.

Namun sudah tahukan kamu amalan-amalan apa saja yang dianjurkan untuk dijalankan di hari jumat?

Baca juga : keistimewaan hari jumat
Sebagai bahan pengingat saja bagi kita semua, bahwa tenyata ada beberapa amalan yang dianjurkan untuk diamalkan pada hari jumat. Beberapa amalan utama di hari jumat antara lain :

1. Membaca surah Al Kahfi
Amalan istimewa yang pertama yaitu membaca surah al Kahfi, yaitu surat ke 118. Ada beberapa hadis yang menyebutkan bagi siapa saja yang membaca surat al kahfi pada hari jumat maka dia akan di sinari cahaya anatara dia dan ka'bah.Ada yang menganjurkan untuk membaca 10 ayat pertama atau teakhir surat al kahfi. ada juga yang bependapat untuk membaca 10 ayat petama dan terakhir dari surat al kahfi.
Meskipun ada beberapa pendapat, namun pada intinya keduanya menyeu untuk mengamalkan membaca surat al kahfi pada hari jumat,

2. Mempebanyak Sedekah
Sedekah adalah hal yang sangat dianjurkan dalam ajaran agama islam. Saat kita bersedekah berarti kita telah membersihkan harta kita. bersedekah baik dilakukan pada hari apapun, namun jika dilaksanakan pada hari jumat maka pahalanya akan dilipat gandakan.

3. Memperbanyak shalawat
Ada sebuah hadis yang menuliskan bahwa nabi memerintahkan kepada umatnya untuk mempebanyak shalawat pada hari jumat dan siapa saja yang banyak bersalawat dihari jumat maka dia akan menjadi yang paling dekat dengan nabi Muhammad di hari kiamat nanti.

4. Mempebanyak doa
hadis riwayat Abu Hurairah yang menyebutkan bahwa nabi Muhammad pernah bebicara mengenai hari jumat, yang mana ada waktu yg jika kita berdoa di waktu itu maka doa kita pasti dikabulkan.

Baca juga : Tips memilih oleh-oleh haji

5. Menmbaca surat Al-Insan dan As-Sajdah pada sholat subuh
Hadis Abu Hurairah menyebutkan bahawa NAbi Muhammad biasa membaca surat As-Sajdah pada rakaat petama dan Surat Al-Insan pada rakaat yang kedua pada sholat subuh.

6. Melakukan sholat jumat
Sholat jumat ini diwajibkan bagi kaum laki-laki, ada juga beberapa amalan-amalan yang sebaiknya dijalankan ssebelum sholat jumat diantaranya adlah mandi, besiwak, memakai wangi-wangian, memakai pakaian yg tebaik, berangkat menghadiri sholat jumat lebih awal, sholat sumah ketika sampai di masjid,serta menyimak khatib ketika sedang khutbah.

Itulah beberapa amalan-amlan yang sitimewa di hari jumat. Semoga kita semua mampu memaksimalkan amalan-amalan tersebut di hari jumat sebagai tamabahan pahala bagi kita dan sebagai bekal untuk di akhirat kelak.Terimakasih telah bekunjung, semoga menjadikan pahala bagi anda.

No comments: