Pages

Dampak Terjadinya Modernisasi

Monday 26 October 2015

Dampak Terjadinya Modernisasi. Jika sebelumnya sudah di bahas mengenai pengertian dari modernisasi serta komponen dari modernisasi, maka kali ini akan di bahas mengenai dampak modernisasi.

Sudah menjadi suatu rahasia umum bahwa setiap perubahan yang terjadi pasti memberikan dampak baik itu positif maupun negatif. Begitu juga dengan adanya modernisasi juga memberikan dampak bagi masyarakat.

baca juga : pengertian modernisasi
Berikut adalah beberapa dampak akibat modernisasi :

a. disorganisasi sosial
yaitu proses memudarnya norma-norma serta nilai-nilai sosial dalam masyarakat dikarenakan adanya perubahan sosial budaya.

perwujudan dari adanya disorganisasi ini adalah munculnya masalah-masalah sosial yg tidak diinginkan, antara lain :
1. persoalan yg behubungan erat dengan organisasi masyarakat. tejadinya keretakan dalam organisasi-organisasi kemasyarakatan, sepeti kekerabatan, ketetanggaan dan lainnya.

2. pembagian keja yang semakin terspesialisasisehingga membutuhkan keahlian yang semakin khusus juga

3. aktivitas untuk mengisi waktu luang. pada suatu masyarakat yg mengalami suatu modernisasi , aktivitas ini telah banyak mengalami perubahan , termasuk dalam hal upacara adat maupun tradisi setempat.

4. modernisasi, terutama industrialisasi menambah jumlah pengangguran. penggunaan mesin canggih telah menggeser dan mengurangi pemakaian tenaga manusia.

Jadi yang sangat memiliki pengaruh terhadap penerimaan maupun penolakan modernisasi adalah sikap dan nilai, kemampuan untuk menunjukan manfaat unsur yg baru, dan juga kesepadaanan unsur yg baru tsb dengan unsur yang sudah ada.

baca juga : faktor penyebab perubahan sosial

b. kesenjangan budaya dan disintegrasi sosial
terjadi ketika keseimbangan, keserasian dan harmoni hubungan sosial terganggu akibat perubahan yg berlangsung tidak diikuti penyesuaian.

hal ini terjadi dikarenakan adanya unsur-unsur dalam masyarakat yg berubah secara cepat, namun beberapa unsur yg memiliki kaitan erat dengan unsur tersebut berubah dengan sangat lambat.
peubahan dalam sistem sosial terjadi secara bertahap melalui beberapa penyesuaian dan tdk berlangsung revolusioner.

Pada umumnya disintegrasi sosial diawalai oleh beberapa gejala awal sebagai berikut :
1. tidak adanya persamaan pandangan antar anggota masyarakat mengenai tujuan bersama yg semula dijadikan sebagi pegangan atau patokan.
2. norma masyarakat tidak befungsi dengan baik lagi sebagai alat pengendalian sosial untuk dapat mencapai tujuan masyarakat.
3. terjadinya pertentangan antar norma dalam masyarakat.
4. sanksi pada anggota yang melakukan pelanggaran norma tidak dilakukan secara konsekuen
5. tindakan-tindakan warga masyarakat tida lagi sesuai dengan norma yg berlaku
6. terjadi proses-proses sosial yang bersifat disosiatif.

Disintegrasi sosial akan menimbulkan gejala kehidupan sosial yg tidak normal, atau yang biasa disebut juga sebagai masalah sosial.

Semoga saja pembahasan mengenai dampak terjadinya modernisasi dapat memberikan manfaat. Terimakasih telah berkunjung.

No comments: