Pages

Tips Untuk Memasak Babat Sapi

Sunday 11 October 2015

Tips Memasak Babat Sapi. Babat sapi adalah salah satu bagian jeoan sapi yang banyak di manfaatkan untuk membuat masakan, seperti soto, tumis ataupun nasi goreng. Bagian yang merupakan dinding lambung sapi identik dengan teksturnya yang kenyal dan aroma yang lumayan kuat. 

Apabila kurang tepat dalam mengolahnya, maka akan menjadi keras, alot dan berbau. Jadi bagi yang ingin memasak babat sapi sebaiknya memperhatikan beberapa tips memasak babat sapi agar hasilnya empuk dan tid berbau.

Sebelum mengetahui cara memasak babat sapi yang benar alangkah baiknya jika kita juga mengetahui beberapa jenis babat sapi agar lebih tepat dalam mengolahnya. Jenis yang pertama adalah babat sapi bagian rumen, babat sapi jenis ini memiliki bentuk seperti selimut dan merupakan bagian yang paling besar.

Jenis yang kedua adalah babat sapi bagian retikulum yang berbentuk seperti sarang lebah ataupun spons. Jenis yang ketiga adalah babat bagian omasum, babat bagian ini berbentuk seperti lembaran buku yang berlapis-lapis dan pada bagian permukaanya seperti handuk. Dan jenis yang terakhir adalah babat pada bagian abomasum yang memiliki bentuk yang bekerut-kerut dan sangat jarang di konsumsi.

Baca juga : Resep sate sapi

Berikut ini adalah beberapa tips dalam memasak babat sapi yang diambil dari bebagai sumbe ;
1. cara membersihkan babat
Cara untuk membersihkan babat adalah cuci babat dan rendam menggunakan air mendidih, kemudian kerik dan sikat lapisan bagian dalam babat samapai besih. Rendam sebentar dalam air kapur sirih, kemudian di remas-remas dan bilas denagn air bersih.

2. cara menghilangkan bau pada babat
Mencuci menggunakan air kapur sirih juga diyakini dapat menghilangkan bau pada babat. Sebelum memasak babat sebaiknya rebus babat sapi menggunakan berbagai bahan rempah-rempah seperti daun salam, lengkuas, serei dan daun jeruk hingga empuk.

3. menggunakan parutan nanas
Parutan nanas yang dilumurkan pada babat sapi juga dapat membantu agar babat menjadi lebih empuk. lumuri babat sapi dengan parutan nanas dan biarkan sekitar 30 menit baru kemudian di cuci bersih dan di rebus.

4. Menggunakan segenggam beras
Babat sapi yang telah di cuci bersih kemusian di rebus dan tambahkan segenggam beras pada rebusan babat, cara ini dapat membuat babat menjadi lebih empuk.

5. di masak menggunakan panci presto
Cara yang paling praktis dan paling banyak di gunakan untuk membuat babat menjadi empuk adalah memasaknya menggunakan panci presto. Rebus babat dalam panci presto sekitar 30 menit. MAka babat sapi menjadi empuk.

Baca juga : Resep sop buntut sapi

Itulah beberapa tips untuk memasak babat sapi agar tidak alot serta tidak berbau. setelah babat di rebus hingga empuk dan tidak berbau lagi maka anda bisa mengolahnya menjadi berbagai jenis masakan sesuai dengan kesukaan anda dan  keluarga.
Semoga tipsnya bemanfaat dan menambah perbendaharaan pengetahuan kuliner kita semua. Terimakasih telah berkunjung.

No comments: