Pages

Keluhan Umum pada Ibu Hamil

Wednesday 11 November 2015

Keluhan Umum Ibu Hamil. Kehamilan adalah salah momen yang sangat membahagiakan bagi seorang perempuan yang telah menikah. Banyak hal yang berubah dalam hidupnya ketika seorang perempuan sedang hamil. Selama kurang lebih 9 bulan seorang ibu mengandung banyak hal-hal yang dialami baik itu yang membahagiakan ataupun keluhan-keluhan ibu hamil yang biasanya dapat mengganggu aktifitasnya.

Keluhan pada ibu hamil biasanya tidak akan sama persis antara ibu hamil yang satu dengan ibu hamil yang lainnya. Namun ada beberapa keluhan umum yang banya dialami oleh ibu hamil selama menjalani masa kehamilannya yang mungkin anda alami sekarang ini saat  menjalani kehamilan.

Berikut adalah beberapa keluhan umum pada ibu hamil yang mungkin bisa menambah wawasan anda :

baca juga : Fakta dan Mitos kehamilan

1. sakit pinggang
ibu hamil akan mengalami perubahan postur tubuh seiring dengan membesarnya perutnya. Selain itu bentuk tulang punggung ibu hamil juga akan mengalami perubahan. Hal inilah yang mengakibatkan ibu hamil menjadi susah untuk berjalan dan mengalami sait pada bagian pinggangya. Hal ini adalah wajar tejadi pada ibu yang sedang hamil terutama memasuki usia kehamilan bulan-bulan terakhir.

2. Kaki menjadi bengkak
kaki membengkak adalah keluhan yang sangat umum dialami oleh ibu hamil. kaki bengkak ini diakibatkan oleh penekanan dari pembuluh dasar besar oleh bagian-bagian dari bayi serta penimbunan cairan pada tubuh ibu hamil. kaki bengkak biasanya dikarenakan bediri yang terlalu lama ataupun duduk terlalu lama. untuk mengatasi hal ini anda bisa menaikkan kaki dengan bantal ketika anda tidur di malam hari.

3. mengalami mual dan muntah serta tidak nafsu makan
mual dan muntah serta tidak nafsu makan biasanya terjadi pada kehamilan trisemester pertama. untuk mengatasi ini anda bisa makan dengan porsi yang sedikit namun sering, makan snack atau makanan selingan  seperti biskuit saat bangun pagi dan sebelum anda tidur, memperbanyak konsumsi air putih diantara waktu makan, ketika bangun pagi bangunlah secara perlahan dan tidak tergesa-gesa.


4. sering buang air kecil
ha ini biasanya dialami pada trisemester pertama dan ketiga. sering buang air kecil pada ibu hamil diakibatkan oleh meningkatnya jumlah volume cairan tubuh serta meningkatnya kerja ginjal sehingga mempercepat proses pembuangan produk sisa. Selain itu juga dikarenakan adanya penekanan pada kandung kemih oleh tubuh bayi.

5. produksi ludah yang berlebih
banyaknya produksi ludah adalah gejala umum pada masa kehamilan dan hal ini tidak berbahaya dan akan menghilang setelah beberapa bulan pertama.

6. keram dan kencang pada perut bagian bawah
setelah memasuki trisemester yang ketiga akan muncul kontraksi palsu yang hilang timbul dan biasanya akan hilang ketika di bawa berjalan.

7. sulit tidur
karena adanya perubahan postur tubuh pada ibu hamil akan membuat ibu hamil sulit menemukan posisi yang nyaman saat tidur, hal ini membuat ibu hamil menjadi sulit tidur. Solusinya adalah carilah posisi tidur yang paling nyaman agar ibu hamil tetap mendapatkan tidur yang bekualitas.

8. nafsu makan meingkat
ketika memasuki usia kandungan diatas 20 minggu nafsu makan pada ibu hamil akan mulai meingkat. hal ini dikarenakan masa mual dan muntah sudah berangsur hilang. pastikan ibu hamil mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi.
baca juga : camilan sehat untuk ibu hamil

9. kulit kencang dan gatal
peregangan kulit pada bagian perut dan payudara mengakibatkan kulit pada bagian tersebut terasa gatal. hindari menggaruk peut dan payudara yang gatal karena dapat menimbulkan stretch mark.

10. pusing
biasanya pada kehamilan trisemester pertama ibu hamil akan sering merasakan pusing. hal ini diakibatkan karena kurangnya pasokan darah untuk memenuhi sistem peredaran darah.

itulah beberapa keluhan umum pada ibu hamil, semoga saja bermanfaat dan memberikan tambahan pengetahuan bagi ibu hamil agar bisa lebih meikmati masa kehamilannya. Semoga sehat terus ya bunda dan bisa melahirkan dengan lancar dan selamat. teimakasih telah berkunjung.

sumber : www.kompasiana.com & http://kesehatanmuslim.com/keluhan-ibu-hamil-dan-solusinya/

No comments: