Pages

Resep Cara Membuat Ayam Ingkung

Tuesday 10 November 2015

Resep Cara Membuat Ayam Ingkung. Ayam ingkung adalah menu khas yang biasanya disajikan bersama nasi tumpeng yang biasa disajikan untuk acara-acara yang berhubungan dengan tradisi terutama di daerah jawa.  Ayam ingkung adalah memasak ayam secara utuh namun sudah dipisahkan bagian jeroannya. Kuliner dengan rasa yang enak dan gurih ini dimasak menggunakan berbagai jenis rempah-rempah yang membuat rasa dan aromanya semakin menggoda.

Jika anda masih tinggal di daerah jawa yang masih menjunjung tinggi tradisi warisan nenek moyang pasti anda tidak asing lagi dengan menu ayam ingkung ini. namun bagi yang tinggal di daerah perkotaan tentu akan sulit menjumpai menu masakan yang satu ini.

apabila anda kangen dengan menu masakan tradisional ini anda bisa membuatnya sendiri di rumah untuk dinikmati bersama keluarga. Disini akan dibagikan mengenai resep cara membuat ayam ingkung yang bisa anda coba di rumah.

baca juga : resep ceker ayam balado
bahan-bahan yang dibutuhkan :
satu ekor ayam utuh yang masih segar, sebaiknya menggunakan ayam kampung
air jeruk nipis 2 sendok makan
garam secukupnya sekitar 1 sendok makan
1400 mili santan yang diambil dari 1 butir kelapa
minyak goreng 4 sdm
batang serei yang sudah di geprek 2 batang
lengkuas 2 cm, dimemarkan
daun salam sebanyak 2 lembar
jahe 2 cm, dimemarkan
gula merah 2 sendok teh

Bumbu yang dihaluskan :
bawang merah sebanyak 10 butir
bawang putih sebanyak 6 siung
kunyit yang sudah di bakar 3 cm
ketumbar 2 sendok teh
kemiri 4 butir

baca juga : resep ayam goreng kremes

langkah cara membuat ayam ingkung :
1. bersihkan ayam dan cuci hingga benar-benar besih, kemudian lumuri ayam dengan garam dan iar jeuk nipis, diamkan selama 10 menit kemudian dicuci kembali hingga bersih.
2. haluskan semua bahan bumbu halus, kemudian ditumis, tambahkan jahe, daun salam, lengkuas dan juga serai. masak hingga harum kemudian diangkat dan ditiriskan.
3. rebus santan sebanyak 100 mili kemudian tambahkan bumbuhalus yang telah ditumis, merica, ayam, gula merah serta garam. Aduk hingga semuanya merata dan masak hingga ayam setengah matang
4. tambahkan sisa santan dan masak hingga semua bumbu meresap dan ayam benar-benar matang dan empuk.
5. angkat dan ayam ingkung sudah siap disaikan. anda bisa menambahkan sambal dan juga lalapan sebagai pelenngkap.

Selamat mencoba semoga hasilnya memuaskan. Semoga resep cara membuat ayam ingkung ini bemanfaat. teimakasih telah bekunjung.

sumber : www.resep-juara.com

No comments: