Pages

Tips Mudah Menghafal dan Mengingat Pelajaran

Thursday 19 November 2015

Tips Mudah Menghafal dan Mengingat Pelajaran. Banyak siswa yang mengalami kesulitan ketika harus mengingat kembali apa yang telah dipelajari di sekolah. Padahal akan lebih baiknya jika siswa dapat mengingatnya dengan baik sehingga tidak akan kesulitan saat memulai materi yang baru.

Jika anda termasuk orang tua yang memiliki anak yang sulit dalam mengingat pelajaran, berikut akan di berikan beberapa tips mudah mengingat pelajaran di sekolah :

baca juga : tips mengenal karakter lawan bicara

1. menghafal dalam kondisi fisik yang baik serta segar, pikiran yang lapang serta istirahat
kegiatan mengingat membutuhkan energi yang sempurna dari tubuh yang segar serta sehat. karena proses mengingat merupakan proses yang berat ditanggung oleh akal manusia. Proses mengingat akan menjadi lebih sulit dan berat ketika kkondisi fisik dlam keadaan yang lelah.
jika anak anda dipaksakan untuk menghafal dalam kondisi ini maka hanya akan sia-sia. anda bisa memintanya untuk menyalin catatan ataupun membuat latihan yang sederhana. Pastikan juga bahwa anak anda memperoleh istirahat yang cukup agar otak dan badannya kembali bugar dan segar, sehingga akan mempemudah si anak ketika belajar dan menghafal.

2. fokus sepenuhnya saat menghafal
saat anak belajar menghafal, pastikan sang anak fokus dengan apa yang dihafalkannya. Jangan biarkan dia menghafal sambil meonton telefisi, mendengarkan musik maupun bemain ponsel. Karena akan mengganggu belajarnya.

3. ucapkan hafalan sehingga terdengar oleh telinga
biasakan anak anda untuk menghafal dengan cara mengucapkanya agar ia juga mampu mendengar apa yang dihafalkanya. ketika mulutmengucap, telinga mendengar dan mata melihat maka akan lebih mudah diteima oleh otak. Hal ini membuat proses menghafal menjadi lebih mudah.

4. mengulangi hafalan sampe benar-benar yakin sudah hafal
mengulangi hafalan akan mempermudah kita cepat mengingat dan cepat menghafalkanya. tidak ada batasan jumlah pengulangan, ulangi sampai benar-benar hafal

5. tuliskan hal yang dihafalkan tanpa melihat teks
setelah mengulangi hafalan, anda bisa mencoba menuliskan hafalan anda tanpa melihat teks. anggap saja ini sebagai ujian seberapa akurat hafalan anda.

baca juga : Bahaya pemakaian earphone

6. meminta orang lain memeriksa hafalan
anda bisa membantu anak anda memeriksa hafalan dia. mintalah dia mengucapkan hafalannya dan anda sebagai pengoreksi apabila ada yang kurang tepat.

7. membuat catatan hafalan di tempat yang biasa dilihat
misanya saja meuliskan rumus-rumus di dinding samping tempat tidur, sehingga anak anda akan selalu membacanya ketika akan tidur. dan secara tida langsung ini akan membuatnya hafal dengan sendirinya.

Semoga saja tips mudah menghafal dan mengingat pelajaran ini bisa di manfaatkan. terimakasih telah berkunjung.

No comments: