Pages

Tips Mengurangi Nyeri Haid

Sunday 8 November 2015

Tips Mengurangi Nyeri Haid. Setiap wanita yang sudah mulai remaja dan dewasa pasti akan mengalami menstruasi atau haid. Banyak wanita yang mengalami nyeri haid setiap kali mereka datang bulan. Nyeri haid ini jika hanya sebentar tentu tidak terlalu mengganggu, namun jika nyerinya berlangsung lama dan berlebihan tentu saja dapat mengganggu aktifitas, bahkan bisa membuat kita tidak mampu melakukan aktifitas.

Ada yang berpendapat bahwa nyeri haid adalah hal yang wajar yang dialami setiap wanita, namun jika nyerinya sudah mulai berlebihan dan disertai dengan muntah ataupun sampai pingsan sebaiknya diperiksakan ke dokter agar dapat diberikan solusi yang tebaik. Biasanya nyeri haid ini terasa terutama pada hari pertama menstruasi. Bagi yang sudah terbiasa dengan nyeri haid dan mulai teganggu, ada beberapa tips untuk mengurangi nyei haid ketika menstruasi.

1. Kompres air hangat
Ketika anda mengalami nyeri haid pada perut anda seperti terasa kaku dan sangat nyeri anda dapat menguranginya dengan membeikan kompres air hangat. Anda bisa masukan air panas pada botol kaca kemudian ditutup rapat dan di bungkus dengan kain kemudian kompreskan pada bagian peut yang nyeri. Kompres air hangat akan membuat otot menjadi rileks dan rasa nyeipun akan berangsur-angsur bekurang.

2. Mandi air hangat
Tips mengurangi nyeri haid yang beikutnya adalah mandi dengan air hangat. Ada yang bependapat mandi air hangat dapat membuat tubuh menjadi rileks. Hal ini akan membuat rasa nyeri yang dialami akan berkurang.

3. bebaring
ketika haid biasanya akan terasa nyeri pada bagian peut dan juga punggung. Saat mengalami nyeri haid berbaringlah pada sofa ataupun kasur, sangga bagian lutut dengan bantal agar tubuh terasa nyaman dan mengurangi rasa nyeri. Ambil nafas panjang dan buang, lakukan hingga anda merasa nyaman.

4. mengkonsumsi makanan yang sehat
Saat haid sebaiknya mempebanyak mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi, magnesium, vitamin E, vitamin D serta omega 3. Selain itu juga perbanyak konsumsi buah dan juga sayuran. Seperti pisang, bayam, ubi rambat.

5. berikan pijatan lembut
berikan pijatan ringan dan lembut pada peut bagian bawah dan pinggang secara merata.

6. minum jamu
jamu adalah minuman traisional yang tida menganndung zat kimia. Anda bisa meminum jamu kunyit asem yang babnyak dijual oleh penjual jamu gendong. nda juga bisa membuat ramuan dari campuran 15 hingga 30 gram daun dewa yang dicampur dengan 20 gram kunyit lalu direbus menggunakan 600 cc air, sisakan hingga menjadi setengahnya, lau disaring. konsumsi dua kali sehari.

baca juga ; manfaat kunyit

7. melakukan olahraga ringan
berjalan kaki adalah salah satu olahraga ringan yang dapat membantu mengurangi nyeri haid. anda bisa melakukannya selama kurang lebih 30 meit secara rutin. Selain itu andajuga bisa melakukan yoga agar membantu mengatur penafasan dan membuat badan menjadi rileks.

Itulah beberapa tips mengurangi nyeri haid. Jika anda mengalami nyei yang berlebihan dan mulai menganggu aktifitas anda sebaiknya anda peiksaakan ke dokter, karena bisa jadi nyei yang belebihan saat menstruasi adalah tanda gejala adanya masalah pada sistem reproduksi anda. Semoga bermanfaat dan semoga anda selalu sehat.Terimakasih telah bekunjung.

sumber : http://bidanku.com/cara-mengatasi-nyeri-saat-menstruasi

No comments: