Pages

Pengertian Globalisasi dan Dampak Globalisasi

Tuesday 3 November 2015

Pengertian Globalisasi dan Dampak Globalisasi. Globalisasi atau juga disebut mendunia merupakan sebuah proses perubahan sosial yg dapat menyebabkan seseorang, sekelompok orang, maupun negara saling dihubungkan dan saling membutuhkan dengan masyarakat ataupun negara lain sebagai akibat dari kemajuan teknologi komunikasi diseluruh penjuru dunia.

Globalisasi sendiri diambil dari kata globe yang memiliki arti bola dunia. Globalisasi merupakan sebuah gejala tebentuknya sistem organisasi dan juga komunikasi yg mengikuti sistem nilai serta kaidah yg sama antara masyarakat diseluruh dunia yang dikarenakan adanya kemajuan transportasi serta komunikasi sehingga mempelancar interaksi antar warga dunia.



Dengan mudahnya memperoleh informasi dari belahan dunia yg lain dengan begitu cepat mengakibatkan budaya asing menjadi lebih mudah masuk ke dalam suatu negara.

Dengan adanya globaliasai tidak selamanya memberikan efek yang positif namun juga negatif. Unsur yg positif antara lain adalah cara bepikir kritis, ilmu pengetahuan, rasional, serta menghargai waktu. Unsur-unsur positif tersebut dapat dapat memperkaya dan memajukan suatu negara. Selain adanya perkembangan saranna komunikasi, globalisasi juga didorong oleh integrasi ekonomi dunia.

Dengan melihat adanya suatu globalisasi kita juga tetap harus memperhatikan dampak apa saja yang ditimbulkan akibat adanya globalisasi. Beikut ini adalah beberapa dampak globalisasi :

1. gegar budaya
gegar budaya merupakan suatu keadaan ketika tejadi goncangan jiwa / mental seseorang maupun sekelompok orang dikarenakan belum adanya kesiapan atau kesanggupan untuk dapat menerima unsur-unsur budaya asing yang sangat berbeda dengan kebudayaanya sendiri dan datang secara tiba-tiba.

2. kesenjangan budaya
contoh dari kesenjangan budaya atau cultural lag adalah perubahan yg cepat dalam teknologi komunikasi serta multimedia , seperti intrenet, telepon seluler, televisi, yg tidak mampu diimbangi oleh perubahan nilai norma-norma masyarakat, seperti keterbukaan pada informasi dari luar dan kesiapan menghadapi masuknya pengaruh perilaku barat.

3. memperkaya unsur-unsur kebudayaan indonesia
adanya globalisasi memberikan pengaruh yaitu akan mempekaya unsur kebudayaan dari indonesia , terutama yg diserap dari kebudayaan yg baik dan juga lebih maju. Misalnya cara berpikir yang rasional serta lebih menghargai waktu.

baca juga : dampak modernisasi

Beberaap tantangan global tehadap jatidiri bangsa indonesia antara lain :
a. melemahnya penghayatan tehadap pancasila sebagai pandangan hidup bangsa.
b. pengaruh unsur budaya lain dalam pemakaian bahasa indonesia
c. bekurangnya legitimasi agama
d. dekadensi moral dan kekacauan manusia
e. peubahan pola perilaku dalam pegaulan.

Selain adanya proses modernisasi dan globalisasi, ada juga proses reformasi. Reformasi yaitu suatu proses perbaikan atau penataan ulang terhadap faktor-faktor rehabilitasi yang tedapat dalam masyarakat. Reformasi tidak menekankan pada pencegahan atau pembentukan pranata baru dalam masyarakat, akan tetapi lebih pada usaha mengembalikan arah dan tujuan yg selama ini lebih banya diwarnai oleh penyimpangan pada pelaksanaan lembaga-lembaga kemasyarakatan tesebut.

Semoga penjelasan mengenai pengertian globalisasi dan dampak globalisasi ini bermanfaat. Teruslah belajar dan semoga semakin sukses. teimakasih telah berkunjung.

No comments: