Pages

Pengertian dari Lembaga Sosial

Saturday 7 November 2015

Pengertian Lembaga Sosial. Manusia selalu hidup secara berkelompok serta melakukan interaksi dengan manusia yang lainnya. Di dalam kehidupan sehari-hari baik itu di lingkungan keluarga, di lingkungan sekolah maupun di lingkungan masyarakat luas norma dan nilai digabungkan menjadi satu kesatuan sistem. Norma dan nilai sosial dibuat untuk mengatur hubungan sosial antar sesama manusia dan memberikan penghargaan pada semua hal yang dianggap baik dan benar.

Pengertian Lembaga sosial merupakan seperangkat aturan yang di dalamnya berisi norma-norma dan nilai-nilai sosial untuk mengatur kegiatan dan kebutuhan sosial tertentu.
Beberapa pendapat para sosiolog mengenai definisi lembaga sosial

baca juga : pengertian perubahan sosial

1. menurut Koentjaraningrat
Ia mendefiniskan lembaga sosial sebagai sistem tata kelakuan dengan hubungan yg berpusat pada kegiatan-kegiatan untuk memenuhi berbagai jenis kebutuhan, terutama kebutuhan hidup bermasyarakat.

2. menurut Bruce cohen
Pengertian lembaga sosial merupakan suatu sistem pola-pola sosial yg tersusun secara rapih dan relatif memiliki sifat yang tetap , dan mengandung perilaku-perilaku tertentu yg kokoh dan terpadu, untuk memenuhi kebutuhan pokok masyarakat.

3. menurut Willian Kornblum
Ia mengungkapkan bahwa lembaga sosial dibentuk guna memenuhi kebutuhan atau sebagai sarana untuk mewujudkan kebutuhan pokok manusia.

4. menurut Paul B. horton
lembaga adalah suatu sistem norma untuk mencapai tujuan / kegiatan yg oleh masyarakat dipandang penting / secara formal meupukan sekumpulan dari kebiasaan serta tata kelakuan yg bekisar pada suatu kegiatan pokok manusia yg kemudian disusun untuk melaksanakan berbagai macam kegiatan tertentu.

Dari beberapa definisi para ahli tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa dalam suatu lembaga sosial meliputi beberapa hal sebagai berikut :
a. berisi atas norma dan nilai sosial
b. kumpulan dari bebagai aturan sosial di dalam masyarakat
c. dibuat untuk mengatur kegiatan masyarakat dlm usaha memenuhi kebutuhan sosial manusia di dalam hidup bemasyarakat.

baca juga : pengertian globalisasi
lembaga muncul ditengah masyarakat sebagai suatu kumpulan peraturan sosial yg tidak direncanakan terlebih dahulu. Lembaga sosial tidak muncul dalam masyarakat dengan sendirinya namun direncanakan, dibentuk, dan diubah hanya oleh manusia. Suatu lembaga sosial tidaklah memiliki anggota namun memiliki pengikut yang tetap setia melaksanakan serta memelihara lembaga sosial.

Semoga saja pembahasan mengenai pengertian lembaga sosial ini dapat memberikan manfaat. teimakasih telah berkunjung.

No comments: