Pages

Cara Mengobati Luka Lebam (Memar)

Tuesday 16 December 2014

Cara Mengobati Luka Lebam (Memar). Luka lebam atau memar adalah luka yang biasanya diakibatkan karena pukulan, terjatuh atau benturan dengan benda keras. Pada awal terkena benturan mungkin hanya terasa pegal dan tidak begitu nampak. Namun jika dibiarkan maka luka lebam akan semain melebar.

Apabila anda habis terjatuh atau terbentur sesuatu hingga lebam dan memar sebaiknya anda segera mengobati luka lebam tersebut. Pertolongan pertama pada luka lebam sangatlah penting. Hal ini untuk mencegah melebarnya luka lebam tersebut.
Belajar dari pengalaman saya saat terserempet ketika mengendarai sepeda motor hingga bagian atas siku saya lebam, akhirnya saya mencari berbagai informasi tentang bagaimana cara untuk mengobati luka lebam serta pertolongan pertama pada luka lebam.

Berikut akan saya bagikan informasi yang saya dapat tentang tips bagaimana cara alamai mengobti luka lebam dan pertolongan pertama pada luka lebam.

1. Apabila luka lebam tidak mengalami pendarahan atau hanya memar saja, sebaiknya anda segera kompres dengan air es atau air dingin di daaerah yang lebam. Lakukan kompres dengan air dingin selama sepuluh hingga lima belas menit. Lakukan pengompresan sambil sedikit ditekan agar bengkak dapat berkurang.

2. Apabila luka lebam anda sampai pendarahan pada bagian yang terluka, maka pertolangan pertama adalah dengan melakukan pengompresan menggunakan air hangat. Pengompresan pada luka yang terjadi pendarahan sedikit lebih lama daripada kompres pada luka lebam yang hanya memar. Kompres pada luka lebam yang terjadi pendarahan dilakukan selama 15 hingga 20 menit. Kompres air hangat ini memiliki fungdi untuk melancarkan peredaran darah pada bagian yang luka. Setelah dikompres dengan air hangat kemudian lakukan kompores kedua menggunakan air dingin selama 10 hingga 15 menit. Ulangi pengompresan setiap 3 jam sekali.

Itulah dua cara alami mengobati luka lebam dan memar. Sebaiknya anda hindari penggunaan balsem atau obat gosok pada luka lebam. Pemakaian balsem akan membuat luka lebam justru semakin lebar, hal ini dikarenakan balsem memiliki sifat panas.

Semoga artikel saya mengenai cara mengobati luka lebam dan memar ini dapat bermanfaat. Baca juga artikel mengenai cara mengobati luka teriris. Terimakasih atas kunjungannya.

No comments: