Pages

Cara Membedakan Madu Asli dan Campuran

Saturday 20 December 2014

Cara Membedakan Madu Asli dan Campuran. Madu memiliki banyak manfaat baik itu untuk kesehatan maupun untuk kecantikan. Namun tentu saja madu yang memiliki banyak manfaat adalah madu asli atau bukan madu campuran. Karena banyaknya manfaat yang terkandung dalam madu banyak orang yang mulai rutin mengkonsumsi madu.

Karena semakin banyaknya jumlah permintaan, membuat orang-orang yang tidak bertanggung jawab mulai menjual madu yang tidak asli atau dicampur dengan air dan pemanis buatan untuk mendapatkan keuntungan yang berlimpah.

Sebagai konsumen sebaiknya kita lebih jeli dan lebih pintar saat membeli madu, agar kita tidak tertipu saat membeli madu, bukannya manfaat yang didapat justru kerugian yang mungkin bisa menimpa kita.
Namun sudah tahukah anda bagaimana cara membedakan madu asli dengan madu campuran? Berikut ini akan saya rangkumkan informasi mengenai cara membedakan madu asli dan madu campuran yang saya ambil dari buku Aneka Pengetahuan Praktis

1. Menggunakan sebatang korek api

Celupkan pentolan batang korek api pada madu yang hendak kita cek keasliannya, kemudian nyalakan korek api tersebut. Apabila korek api tersebut tida menyala maka bisa dipastikan bahwa madu teresbut bukanlah madu asli, namun jika korek api tersebut menyala maka madu tersebut adalah madu asli.

2. Menggunakan air teh

cara membedakan madu asli atau campuran dengan menggunakan air teh yaitu dengan cara Campurkkan satu sendok teh madu dengan setengah gelas air teh. Jika campuran tersebut tidak keruh, berarti madu itu tida asli, namun jika campuran tersebut menjadi keruh maka madu itu asli.

3. Menggunakan kertas buram atau tisu

Teteskan beberapa tetes madu diatas kertas buram atau tisu. Apabila tetesan madu tersebut larut dlam kertas buram, berarti madu tersebut tidk asli, namun apabila tetesan madu tersebut tidak larut maka madu itu asli. Madu campuran atau madu yang tidak asli biasanya ditambahkan air dan juga pemanis buatan. Hal ini yang akan membuat madu campuran menjadi mudah larut pada kertas buram atau tisu.

Nah itulah beberapa tips yang bisa anda coba untuk mengetahui atau untuk membedakan madu asli dengan madu campuaran. Semoga artikel saya mengenai cara membedakan madu asli dan madu campuran bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan anda. Dan Terimakasih telah berkunjung.

No comments: