Pages

Cara Alami Mengobati Sariawan

Wednesday 10 December 2014

Cara Alami Mengobati Sariawan. Sariawan adalah suatu kelainan yang sering terjadi pada rongga mulut atau lidah. Sariawan memang tidak nampak, namun bagi yang sedang menderita sariawan cukup mengganggu. Sariawan bisa membuat nafas kita menadi berbau tidak sedap, susah makan, susah bicara dan juga sakit saat sikat gigi.

Makanan seenak apapun saat kita sedang sariawan maka rasanya menjadi kurang enak, karena mulut kita terasa perih saat makan atau minum. Sariawan biasanya terjadi karena luka tergigit saat mengunyah, konsumsi makanan atau minuman yang terlalu panas, hipersensitif terhadap obat-obatan tertentu, panas dalam.

Selain hal-hal tersebut stress juga merupakan penyebab sariawan. Saat kita sedang banyak pikiran biasanya akan membuat kita mudah terkena sariawan. Sariawan memang bukan penyakit yang mematikan namun sariawan akan sangat mengganggu kegiatan kita sehari-hari.

Tanpa diobati biasanya sariawan akan sembuh secara sendirinya dalam waktu satu mingggu. Satu minggu tentu saja bukanlah waktu yang sebentar. Pengalaman saya saat sakit sariawan sangatlah mengganggu aktifitas dan membuat nafsu makan berkurang. Obat penyembuh sariawan yang banyak dijual di apotik rasanya sangat perih dan sembuhnya juga hampir sama dengan tanpa diiobati. Mungkin karena memang saya tidak cocok menggunakan obat tersebut.

Bagi anda yang menghindari obat-obatan kimia dan ingin mengobati sariawan dengan cara tradisional, berikut ini adalah beberapa cara alami untuk mengobati sariawan .

1. Madu

Madu adalah bahan alami dengan banyak manfaat. Madu juga dapat digunakan untuk mengobati sariawan. Oleskan madu pada daerah yang terkena sariawan, awalnya memang agak perih, namun rasa perihnya hanya sementara.

2. Air kelapa

Air kelapa dapat menenangkan sistem pencernaan, mengatasi dehidrasi dan mendinginkan badan saat anda terkena panas dalam. Selain itu air kelapa juga bisa untuk mengobati sariawan. Caranya dengan meminum langsung air kelapa.

3. Minyak kelapa

Selain air kelapa, minyak kelapa juga dapat digunakan untuk mengobati sariawan, caranya dengan mengoleskan minyak kelapa pada luka sariawan.

4. Air garam

Garam banyak mengandung zat disinfektan. Garam juga dapat membantu mengobati sariawan. Gunakan larutan air garam sebagai obat kumur.

5. Kunyit

Selama ini kunyit dikenal sebagai obat sakit lambung atau maagh. Selain mengobati sakit lambung, ternyata kunyit juga dapat digunakan untuk membantu mengobati sariawan. Bersihkan kunyit dan haluskan atau di blender, kemudian tambahkan dengan satu sendok gliserin. Oleskan campuran kunyit dan gliserin pada luka sariawan.

Itulah bahan-bahan alami yang dapat digunakan untuk mengobati sariawan. Selain mengobati sariawan dengan bahan-bahan yang sudah disebutkan diatas, sebaiknya anda juga memperbanyak minum air putih, makan sayur dan buah, serta konsumsi vitamin C.

Semoga artikel saya mengenai cara alami mengobati sariawan dapat bermanfaat. Terimakasih atas kunjungannya.

No comments: