Pages

Manfaat Bayam Bagi Kesehatan

Sunday 21 February 2016

Manfaat Bayam Bagi Kesehatan. Apa yang terlintas dalam benak anda ketika mendengar kata bayam? Popeye. Tokoh kartun yang akan menjadi kuat setelah dia memakan bayam sehingga dapat mengalahkan musuhnya brutus yang memiliki badan jauh lebih besar darinya. Kartun jaman kecil dulu tentang popeye yang gemar makan bayam ini memang sangat populer dan mengajarkan pada anak-anak untuk makan sayuran agar menjadi kuat seperti popeye.

Namun benarkah makan bayam membuat tubuh kita menjadi kuat? Lalu sebenarnya kandungan gizi apa saja yang terdapat dalam bayam? Dan apa saja manfaat bayam bagi kesehatan kita? Bayam merupakan jenis sayuran hijau yang dikonsumsi bagian daunnya. Biasanya bayam di masak sebagai sayur bening maupun dibuat keripik bayam.
Baca juga : manfaat kopi

Kandungan gizi pada bayam cukup banyak dan baik bagi tubuh kita. Bayam mengandung zat besi, karbohidrat, natrium, serat, protein, fitonutrisi, magnesium, fosfor, selenium, seng, flavonoid, kalsium, vitamin C, vitamin A, vitamin E serta vitamin B kompleks.

Banyaknya kandungan nutrisi pada bayam tentu juga memberikan banyak manfaat bayam bagi tubuh kita, diantaranya :

1. Sebagai anti kanker

Kandungan flavonoid pada bayam sangat baik sebagai antioksidan serta anti kanker. Kita tau sendiri hingga saat ini kanker masih menjadi salah satu penyakit yang paling mematikan.

2. Menjaga tekanan darah tetap normal

Kandungan magnesium pada bayam dapat membantu tekanan darah agar tetap normal.

3. Menjaga kesehatan tulang

Dengan adanya kandungan zat besi serta vitamin K pada bayam sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang kita.

4. Menjaga kesehatan mata dan kulit

Vitamin A pada bayam baik untuk kesehatan penglihatan kita serta baik juga untuk menjaga kesehatan kulit dan mencegah jerawat.

Baca juga : manfaat jeruk nipis

5. Sebagai anti inflamasi

Kandungan vitamin C pada bayam bermanfaat sebagai anti inflamasi serta meningkatkan sistem imun tubuh.

6. Mengurangi terkena resiko penyakit jantung

7. Baik untuk program diet

Tingginya kandungan serat pada bayam sangat baik untuk sistem pencernaan, mempertahankan gula darah rendah serta mencegah sembelit

Ternyata banyak manfaat bayam yang baik bagi kesehatan tubuh kita. Semoga saja pembahasan kali ini memberikan manfaat bagi kita semua. Jangan pernah bosan untuk hidup sehat. Terimakasih telah berkunjung. Semoga anda sehat selalu.

Sumber : tipscaramanfaat.com & manfaatbuahdaun.blogspot.com

No comments: