Pages

Memilih Oleh-Oleh Khas Lombok

Thursday 18 February 2016

Memilih Oleh-Oleh Khas Lombok. Pulau lombok merupakan salah satu tempat wisata yang mulai banyak dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Lombok terletak di provinsi nusa tenggara barat sebelah timur pulao denpasar bali.

Banyaknya tempat wisata yang menakjubkan dipulau wisata lombok, membuat pulau lombok tak pernah sepi dari kunjungan wisatawan. Mulai dari wisata pantai senggigi, gili trawangan, gili nanggu, wisata desa suku sasak, pulau komodo dan masih banyak lagi tujuan wisata yang lainnya.
Anda pasti takkan menyesal untuk menghabiskan liburan di lombok dan salah satu hal yang tak boleh ketinggalan ketika liburan adalah mencicipi aneka makanan khas pulau lombok serta berburu oleh-oleh khas lombok. Jangan sampai salah beli karena pulau lombok juga memiliki banyak oleh-oleh khas yang jarang dijumpai di pulau yang lainnya.

Baca juga : tips memilih oleh-oleh haji

Berikut beberapa rekomendasi oleh-oleh khas pulau lombok yang bisa anda pertimbangkan :

1. Kain tenun suku sasak
Kain tenun yang di buat oleh suku sasak ini melalui proses yang rumit dan waktu yang lama dalam pengerjaanya hingga menghasilkan kain tenun yang indah. Anda bisa memilih aneka kain tenun sasak dengan harga yang berfariasai sesuai dengan tingkat kualitas dan kerumitan pengerjaanya, semakin rumit maka akan semakin mahal. Anda dapat mengunjungi sentra industri kain tenun surakara yang terletak di lombok tengah.

2. Dodol rumput laut

Dodol rumput laut terbuat dari dari gula dan tepung rumput laut serta campuran aneka buah segar. Dodol rumput laut khas lombok ini memiliki rasa yang beda dari dodol di daerah lain. Dodol lombok ini terasa kenyal serta memberikan sensasi segar ketika dikonsumsi. Anda dapat membeli dodol rumput laut di toko phoenix food dengan harga 10-15k per 200 gram.

3. Mutiara lombok

Salah satu oleh-oleh khas lombok yang paling banyak disukai oleh para wanita adalah mutiara. Oleh-oleh yang satu ini memang terkesan sangat mewah. Ada banyak pilihan aneka perhiasan dari mutiara ini dengan harga yang bervariasi pula, mulai dari gelang, kalung, bros cincin maupun mutiara butiran.

4. Aneka macam anyaman khas desa beleka

Anda bisa mengunjungi art shopmilik B. H. Syukron di desa beleka yang menjual beraneka anyaman khas desa beleka. Beberapa macam anyaman yang dijual seperti peralatan rumah tangga, pernak pernk dekorasi hiasan dinding, cupu, gandek dan masih banyak lagi jenis yang lainnya.

5. Madu dan susu kuda liar sumbawa
Madu sumbawa ad dua jenis yaitu madu biasa yang berwarna kuning kecoklatan serta madu putih atau madu kristal. Harga madu sumabawa ini sekitar 30k per 250 ml hingga 200k per liter. Selain madu ada juga susu kuda iar khas sumbawa yang sudah sangat terkenal akan khasiatnya dan sangat sulit dijumpai di daerah lain.

Baca juga : tips membedakan madu asli dan madu palsu

6. Kaos lombok
Jika bali memiliki kaos joger maka lombok juga memiliki kaos lombok sasaku. Ada banyak pilihan ukuran dan model yang bisa anda jadikan oleh-oleh dan kenang-kenangan sebagai tanda anda pernah pergi ke lombok.

Nah itulah beberapa rekomendasi oleh-oleh khas lombok semoga bisa dijadikan sebagai gambaran jika anda akan pergi berwisata ke lombok. Ayo berwisata jangan hanya di rumah saja, karena indonesia itu indah. Semoga cpembahasan mengenai memilih oleh-oleh khas lombok ini bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung.

Sumber : id.lombokindonesia.org & wisatalombokaja.blogspot.com

No comments: