Pages

Obat Tradisional Radang Tenggorokkan

Wednesday 24 February 2016

Obat Tradisional Radang Tenggorokkan. Hampir semua orang pernah mengalami radang tenggorokkan. Dalam dunia medis radang tenggorokan dikenal dengan istilah faringitis, yaitu peradangan yang terjadi pada bagian faring atau bagian belakang tenggorokan.

Saat mengalami radang tenggorokan akan memberikan rasa yang tidak nyaman, sulit untuk menelan, sakit saat menelan, sakit pada bagian tenggorokan bahkan biasanya disertai dengan demam.

Penyebab radang tenggorokan bisa karena inveksi bakteri dan virus, karena alergi, GERD, tumor, iritan. Kadang terlalu banyak konsumsi makanan berminyak juga bisa mengakibatkan radang tenggorokan.

Baca juga : tips mengatasi nyeri haid

Banyak obat antibiotik yang dijual di apotik yang bisa digunakan sebagai obat radang tenggorokan seperti paracetamol dan aspirin. Namun bagi anda yang kurang menyukai obat kimia anda bisa mencoba berbagai obat tradisional radang tenggorokkan.

Obat herbal memang memberikan efek penyembuhan yang lebih lama, namun obat herbal sangat minim efek samping. Nah berikut beberapa obat tradisional radang tenggorokan yang dengan mudah anda jumpai di rumah :

1. Berkumur dengan air garam
Berkumur menggunakan air garam yang hangat dapat mengurangi rasa sakit serta pembengkakan pada tenggorokan, membuang bakteri dan lendir serta membantu mengurangi iritasi pada tenggorokan. Caranya siapkan satu gelas air hangat, lalu tambahkan 1 sdt garam dapur, aduk rata. Gunakan larutan ini untuk berkumur 3 hingga 4 kali sehari. Sekali berkumur selama kurang lebih satu menit.

2. Teh hangat
Teh hangat juga dapat membantu mengurangi rasa sakit pada tenggorokan. Anda juga bisa menambahkannya dengan madu.

Baca juga : manfaat masker putih telur

3. Sup ayam
Biasanya sup ayamdigunakan untuk membantu meredakan flu, namun ternyata natrium yang terdapat pada kaldu ayam juga memiliki sifat anti inflamasi sehingga dapat membantu meredakan radang tenggorokan.

4. Istirahat yang cukup
Istirahat yang cukup merupakan salah satu cara untuk membantu meredakan radang tenggorokan. Dengan istirahat yang cukup dibutuhkan tubuh untuk mempercepat proses penyembuhan serta meningkatkan kemampuan untuk melawan infeksi. Pastikan istirahat malam 6 hingga 7 jam dan hindari begadang serta olahraga maupun aktifitas fisik yang berat.

Itulah beberapa obat tradisional radang tenggorokan yang mudah anda temukan di rumah. Jaga selalu kesehatan dan jangan pernah hidup sehat. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat. Terimakasih telah berkunjung.

No comments: