Pages

Mengenal Ruang Lingkup Biologi

Monday 15 February 2016

Ruang Lingkup Biologi. Apa itu biologi? Apa saja yang termasuk dalam ruang lingkup biologi? Ya buatlah banyak pertannyaan sebelum mempelajari sesuatu , karena itu akan membuatmu menjadi semangat semangat untuk mempelajarinya.

Biologi berasal dari dua buah kata yaitu bios dan logos. Bios berarti hidup, logos berarti ilmu. Jadi berdasarkan kata yang menyusunnya biologi diartikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang mahluk hidup. Lalu apa itu mahluk hidup?
Baca juga : pengertian metode ilmiah

Untuk dapat menjawab pertanyaan tentang apa itu mahluk hidup kita harus mengetahui terlebih dahulu apa saja ciri-ciri mahluk hidup. Nah berikut adalah ciri-ciri mahluk hidup :

1. Memerlukan nutrisi

Nutrisi yang dibutuhkan oleh mahluk hidup berbeda-beda tergantung pada jenis mahluk hidupnya. Seperti tumbuhan yang membutuhkan nutrisi berupa zat organik. Vertebrata, invertebrata, protozoa, jamur, manusia membutuhkan nutrisi berupa zat anorganik. Nutrisi yang dkonsumsi oleh mahluk hidup digunakan untuk reprosuksi, pertumbuhan dan sebagai sumber energi.

2. Transportasi sel

Dalam tubuh setiap organisme harus ada sistem transportasi sel. Proses transportasi sel yaitu terjadinya proses pengangkutan dan diangkut. Pada manusia yang mengangkut adalah darah dan yang diangkut adalah glukosa.

3. Respirasi

Respirasi adalahproses pemecahan zat organik berupa lemak, karbohidrat dan protein menjadi zat anorganik dan air serta energi. Tujuan respirasi adalah untuk menghasilkan energi.

4. Metabolisme

Metabolisme merupakan proses reaksi kimia yang dibantu oleh enzim yang terjadi dalam tubuh organisme .

5. Ekskresi

Pengeluaran senyawa sisa-sisa dari proses metabolisme.

6. Pertumbuhan dan perkembangan

Pertumbuhan adalah pertambahan jumlah senyawa kimia , jumlah sel serta volume sel.

7. Reproduksi

Reproduksi yaitu menghasilkan kembali ( menghasilkan keturunan ). Tujuan dari reproduksi yaitu untuk melestarikan jenisnya.

8. Kepekaan menanggapi rangsang dan regulasi

9. Adaptasi

Yaitu kemampuan penyesuaian diri terhadap lingkungan pada waktu yang relatif panjang. Sedangkan jika hanya pada waktu yang relatif pendek disebut toleransi.

Ruang lingkup biologi dari lingkup yang paling kecil yaitu molekul hingga pada lingkup bioma di permukaan bumi.ruang lingkup biologi mulai dari yang terkecil seperti pada urutan berikut : molekul, sel, jaringan, organ, organisme, populasi, komunitas, ekosistem, bioma dan biosfer.

Baca juga : pengertian lembaga pendidikan

Manfaat biologi bagi kehidupan, antara lain :

a. Membantu dalam proses menemukan dan mengembangkan bahan makanan, energi, bahan pakaian, bahan peralatan dan perumahan.

b. Menemukan penyebab serta pengobatan dari berbagai macam penyakit pada manusia, tumbuhan dan hewan.

c. Menyingkap misteri proses kehidupan, proses pewarisan sifat, serta pengendali dari proses kehidupan (gen)

d. Mengkaji serta melestarikan lingkup guna kelestarian hidup. 
semoga saja pembahasan kali ini dapat memberikan manfaat dan menambah pengetahuan mengenai ruang lingkup biologi.

No comments: