Pages

Beda Sakit Maagh Dan Asam Lambung

Thursday 27 October 2016

Beda Sakit Maagh Dan Asam Lambung. Lambung merupakan salah satu organ pencernaan dalam tubuh manusia yang memiliki fungsi untuk mencerna makanan secara kimiawi dengan bantuan enzim-enzim yang ada di lambung. Pada bagian sebelah dalam dinding lambung terdapat kelenjar-kelenjar yang menghasilkan getah lambung yang mengandung asam lambung(HCl), musin, pepsin serta renin. Asam lambung memiliki peranan sebagai pembunuh mikroorganisme serta mengaktifkan ezim pepsinogen diubah menjadi pepsin.

Apabila kita sembarangan mengkonsumsi makanan maka dapat memicu timbulnya beberapa penyakit pada lambung seperti asam lambung, maag bahkan kanker lambung. Kebanyakan orang mengira bahwa penyakit maag disebabkan karena naiknya asam lambung, padahal hal ini belum tentu benar tetapi saling berkaitan. Agar lebih dapat memahami tentang perbedaan keduanya maka akan di berikan uraian singkat mengenai beda sakit maag dan asam lambung.

1. Sakit maag

Sakit maag merupakan sakit yang paling familiar di masyarakat kita, bahkan banyak yang menganggap bahwa sakit maag adalah penyakit yang sepele. Padahal jika sakit maag dibiarkan saja maka akan mengakibatkan maag kronis.

Sakit maag disebabkan oleh asam lambung, sakit maag kronis disebabkan kaarena pola makan yang tidak teratur. Beberapa jenis makanan yang bisa memicu sakit maag kronis antara lain : cokelat, kopi, makanan asam dan pedas, minuman bersoda, serta beberapa jenis makanan dengan kandungan gas yang tinggi.

Beberapa gejala umum yang sering dialami penderita sakit maag antara lain : sering merasa lapar, perut terasa kembung, sering bersendawa, sakit pada bagian perut dan dada serta mual dan muntah.

2. Asam lambung

Asam lambung adalah salah satu cairan yang dihasilkan oleh lambung yang berfungsi dalam sistem pencernaan. Asam lambung akan menjadi berbahaya bagi keronkongan serta lambung apabila kadar asam lambung naik.

Beberapa penyebab naiknya kadar asam lambung dalam tubuh :

a. Asupan makanan yang kurang baik seperti minuman bersoda, alkohol, kacang-kacangan, alkohol, coklat serta makanan berlemak.

b. Stress

Stress merupakan faktor utama dari timbulnya berbagai macam penyakit. Karena saat stress maka sistem imun tubuh akan menurun, hal inilah yang menyebabkan penyakit mudah menyerang tubuh kita.

c. Kebiasaan merokok

Asap rokok banyak mengandung zat-zat yang merusak organ tubuh terutama lambung.

Gejala awal sakit asam lambung yaitu mual, perut kembung, mulut dan kerongkongan terasa pahit, sering bersendaawa serrta cepat merasa kenyang. Selanjutnya akan merasa migrain, perih pada lambung, serta muntah.

Itulah penjelasan singkat mengenai beda sakit maag dan asam lambung. Semoga bermanfaat. Dan terimakasih telah berkunnjung.


Sumber : ndinisite.wordpress.com

No comments: