Pages

Macam Jenis Surat Dinas

Wednesday 19 October 2016

Macam Jenis Surat Dinas. Surat dinas bisa diartikan sebagai surat yang berisi mengenai administrasi pemerintah yang dibuat oleh lembaga pemerintahan. Surat dinas juga biasa disebut sebagai surat resmi, hal ini dikarenakan surat dinas di buat dan dikeluarkan oleh lembaga pemerintahan.

Penulisan surat dinas menggunakan patokan-patokan dan format yang sudah ditentukan dan harus dipatuhi. Berdasarkan isi serta tujuan pemakaian surat dinas, maka surat dinas di bedakan menjadi beberapa jenis surat dinas sebagai berikut :

1. Surat pemberitahuan

Merupakan jenis surat dinas yang berisi tentang pemberitahuan yg ditujukan kepada semua anggota di lingkungan kerja supaya mereka mengetahui informasi terrtentu atau suatu hal yang terkait yang perlu diketahui.

2. Surat kuasa

Sura kuasa berisi tentang pelimpahan wewenang dari seorang pejabat kepada pejabat lain yang dapat dipercaya untuk bisa bertindak mewakili orang yang memberikan kuasa dikarenakan pemberi kuasa tidak dapat melakukan sendiri.

3. Surat memo / nota dinas

Surat memo lebih dikenal sebagai nota dinas. Surat memo dipakai secara intern dalam suatu unit organisasi yg dilaksanakan oleh pejabat kantor dengan isi yang singkat.

4. Surat pengantar

Surart pengantar merupakan salah satu macam surat dinas yang dipakai sebagai pengantar sesuatu dengan tujuan agar orang yang menerimanya mengetahui maksud sesuatu dari yang diterimanya.

5. Surat intruksi

Jenis surat dinas ini berisi mengenai perintah dan petunjuk-petunjuk yang dibuat berdasar peraturan serta kebijaksanaan pimpinan.

6. Surat undangan

Surat undangan merupakan surat dinas yang berisi tentang pemberitahuan yang bersifat mengharapkan kehadiran seseorang atau sekelompok orang agar dapat berpartisipasi dalam suatu acara tertentu di tempat dan waktu tertentu.

7. Surat keterangan

Merupakan surat dinas yang isinya berguna untuk menerangkan tentang aktivitas seseorang/suatu hal tertentu.

8. Surat edaran

Surat edaran merupakan jenis surat dinas yang isinya ditujukan sebagai bentuk pemberitahuan mengenai sesuatu yang ditujukan kepada beberapa orang/ kepada banyak pihak sekaligus.

9. Surat perintah

Surat perintah merupakan salah satu jenis surat dinas yang dikeluarkan oleh suatu instansi / pihak yang berada di posisi / jabatan lebih tinggi yang ditujukan kepada pihak / instansi yang lebih rendah, agar bawahan tersebut dapat berbuat sesuatu atau tidak berbuat sesuatu sebagaimana yang dijelaskan dalam surat perintah tersebut.

10. Surat tugas

Surat tugas merupakan jenis surat dinas yang datang dari pihak atau pejabat yang lebih tinggi posisinya untuk menugaskan kepada seorang /sekelompok bawahan untuk dapat melakukan pekerjaan tertentu.

Demikian penjelasan singkat mengenai jenis-jenis surat dinas. Semoga saja artikel ini dapat memberikan manfaat bagi yang membacanya. Terimakasih telah berkunjung.

No comments: