Pages

Rasa Nyaman di Tempat Kerja

Monday 17 October 2016

Rasa Nyaman adalah Raja. Semua manusia usia berapapun, kalangan apapun dan bahkan suku apapun pasti menginginkan rasa nyaman. Rasa nyaman bukan hanya di lingkungan tempat tinggal tapi yang terutama adalah dilungangan tempat kerja. 
 
Bekerja tanpa rasa nyaman hanya akan membuat kita semakin tersiksa dan merasa berangkat ke tempat kerja seperti akan berangkat ke tempat penyiksaan. Berapa jumlah nominal yang ditawarkan tanpa adanya rasa nyaman akan membuat orang berpikir beberapa kali untk tetap bertahan. Bahkan semendesak apapun dia membutuhkan uang pasti tidak akan pernah bertahan lama bekerja di tempat yang membuat dia tidak nyaman.

Banyak kata-kata bijak yang mengatakan bahwa bekerjalah dengan hati, cintailah pekerjaanmu dan masih banyak lagi kata-kata bijak yang lain. Namun bagaimana kita bisa bekerja sepenuh hati apabila lingkungan tempat kita bekerja tidak membuat kita nyaman.

Menurut saya pribadi rasa nyaman adalah raja. Bahkan nominal pun dapat terabaikan apabila rasa nyaman itu sendiri sudah terpenuhi. Namun bila kita sudah terlanjur terjun ke tempat kerja yang membuat kita tidak nyaman, maka kita harus berani mengambil sebuah keputusan yang tegas, akan bertahan dengan catatan belajar lebih mampu beradaptasi dengan pola pikir orang-orang di kantor, atau memutuskan untuk mengundurkan diri dan mencari pekerjaan yang lebih membuat kita nyaman, terutama lingkungan kerjanya. berikut ada sedikit tips bila anda memilih untuk bertahan di tempat kerja : 
 
1. jangan mudah untuk menyerah
jangan menyerah begitu saja sekalipun banyak yang menyepelekan anda, tunjukan bahwa anda memiliki kualitas.
 
2. berpikir positif dalam pekerjaan anda
selalu berpikirlah positif, mungkin orang-orang yang menyepelekan anda hanya merasa takut tersaingi kualitasnya oleh anda.
 
3. lakukan kegiatan yang bisa menjaga semangat kerja anda.
lingkungan kerja yang tidak nyamamn pasti akan membuat semangat anda menurun. lakukanlah kegiatan yang bisa meningkatkan semangat kerja anda kembali.
 
4. tenangkan pikiran
dengan pikiran yang tenang akan membuat anda untuk dapat berpikir positif.
 
5. jangan lupa luangkan waktu di akhir pekan untuk refreshing
refresing sangatlah penting terutama bagi anda yg sudah terlalu stress di lingkungan kerja yang tidak nyaman.

Rasa tidak nyaman lebih sering dirasakan oleh karyawan baru. Lingkungan kerja yang baru, orang-orang baru serta kebiasaan – kebiasaan baru yang kadang masih terasa asing bagi kita akan membuat kita merasa tidak nyaman. Rasa tidak nyaman paling mudah muncul apabila ada beberapa staf karyawan yang dirasa kurang respect kepada karyawan baru dan bahkan terkesan menyepelekan dan mengucilkan.

Jika kita pernah merasa tidak nyaman dilingkungan tempat kerja yang baru karena merasa disepelekan ataupun terkucilkan bersikaplah lebih bijaksana jika kelak kita berada di posisi orang itu. Jangan pernah menyepelekan atau mengucilkan orang baru. Percayalah mereka hanya butuh sambutan dan senyuman hangat dari anda. Belajarlah menyamankan orang-orang baru agar tercipta lingkungan kerja yang nyaman sehingga dapat mencapai tujuan dari apa yang diharapkan.

Karena yang paling bijaksana adalah saling menyamnkan baik itu orang lama maupun orang baru. Selamat bekerja dan selamat belajar beradaptasi. Jiak tulisan ini dirasa mengganggu maka abaikan saja. Ini hanyalah sedikit celotehan dari orang yang merasa sangat tidak nyaman .

No comments: