Pages

Tips Mudah Meringkas Buku

Wednesday 13 January 2016

Tips Mudah Meringkas Buku. Meringkas buku merupakan kegiatan mencatat hal-hal yang dianggap penting dari sebuah buku. ringkasan di susun secara berurutan sama seperti tulisan pada buku aslinya.

Fungsi dari meringkas buku adalah agar menguasai isi yang ada pada teks asli, tetapi secara singkat dan padat. Suatu teks yang beisi puluhan halaman dapat diringkas hanya menjadi beberapa halaman saja.

Kegiatan meringkas buku bisa di bilang sebagai kegiatan yang susah-susah gampang. bagi yang sudah tebiasa dengan kegiatan ini, meingkas buku bukanlah menjadi ha yang sulit. Namun bagi yang jarang atau bahkan tidak penah maka meringkas buku merupakan hal yang sulit.
mereka akan kesulitan untuk menentukan mana yang seharusnya ditulis dalam ringkasannya karena menganggap semuanya penting.

baca juga : tips mudah menghafal

Kegiatan meringkas buku dilakukan dengan beberapa tujuan, bisa karena tugas dari sekkolah, ataupun bisa juga karena keinginan sendiri agar lebih mudah dalam memahami sesuatu. Agar dapat meringkas buku dengan baik maka kita pelu mempehatikan beberapa tips yang efektif agar bisa menghasilkan ringkasan yang baik serta bemanfaat. berikut adalah beberapa tips mudah meingkas buku :

1. memahami isi buku atau gambaran umum dari sebuah buku
agar dapat melakukan review yang baim dari sebuah buku, maka hal yang pertama harus anda lakukan adlah memahami gambaran umum dari buku tersebut.
kita tida diharuskan membaca buku secara keseluruhan untuk dapat memahami gambaran umumnya, kita bisa membaca bagian sinopsis buku, namun jika buku tidak ada bagian sinopsisnya maka kita bisa membaca pada bagian pendahuluannya yang di tulis oleh penulis. Biasanya penulis menjelaskan secara umum tentang garis besar isi buku.

2. memahami gambaran isi sub bab dalam buku
setelah memahami gambaran umum dari buku, maka langkah selanjutnya adalah melakukan kajian tehadap tiap bab yang ada dalam buku. Cara ini agar kita memahami ketekaitan antar bab yang satu dengan yang lain. dengan begitu maka kita akan tahu alur dari isi buku yang akan kita ringkas.

3. melakukan pencatatan pada hal-hal yang dianggap penting
kegiatan ini penting karena kita jadikan acuan dalam meringkas isi sebuah buku. jangan sampai melewatkan hal-ha penting, karena apabila telewat kita bisa kehilangan ketekaitan antar bab dalam buku tesebut. catatan dibuat secara simpel sehingga memudahkan dalam meringkas.

4. mulai menulis dengan membuat daftar dari hasil catatan yang telah dibuat
dari hasil catatan yang sudah di buat, buatlah semacam draf atau tabel untuk lebih memudahkan dalam meringkas. tabel ini akan sangat membantu dalam menentukan alur dari isi sebuah buku.

baca juga : pengertian lembaga sosial

5. penggunaan tata tulis dan bahasa
dalam kegiatan meingkas buku juga tetap harus mempehatikan tata tulis dengan baik. hal ini akan lebih memudahkan mempelajari ringkasan yang telah kita buaut. setelah selesai meingkas, langkah yang beikutnya adlah mengevaluasi ringkasan. Bacalah ringkasan yang telah dibuat, dari awal hingga akhir, pebaiki tulisan ataupun penggunaan tata bahasa yang slah.
lakukan hal ini dengan baik, karena selain dapat melatih cara menulis yang baik, juga dapat melatih bagaimana menggunakan babhasa yang baik dan benar sesuai dengan kaidah yang belaku.

Semoga saja pembahasan kali ini mengenai tips mudah meingkas dapat bemanfaat. terimakasih telah bekunjung.

No comments: