Pages

Tips Mengatasi Bayi Cegukan

Monday 7 March 2016

Tips Mengatasi Bayi Cegukan. Cegukan seringkali dianggap hal yang sepele namun cukup menyiksa. Cegukan tidak hanya dialami oleh orang dewasa saja, namun juga dapat dialami oleh anak-anak maupun bayi. Mengatasi cegukan pada bayi seringkakli membuat para orang tua menjadi cemas dan bingung. Meskipun sebenarnya cegukan pada bayi bukan lah hal yang membahayakan, karena cegukan dapat berhenti dengan sendirinya, namun tetap saja harus diatasi dengan baik.

Jangankan cegukan pada bayi maupun anak-anak, pada orang dewasa saja cegukan memberikan rasa yang tidak nyaman dan melelahkan, tak jarang juga membuat orang menjadi jengkel karena cegukan.
Baca juga : penyebab gumoh pada bayi

Nah bagi anda yang memiliki bayi dan masih sering cemas serta khawatir menghadi bayi cegukan, berikut ada beberapa tips sederhana mengatasi bayi cegukan :

1. Mengubah posisi saat menyusui

Ketika bayi sedang menyusu, seringkali udara yang berlebih ikut tertelan bersama ASI. Hal inilah yang memicu terjadinya cegukan pada bayi anda. Untuk mengatasi masalah ini, anda dapat merubah posisi menyusui si bayi agar dapat membatasi jumlah udara yang tertelan.

2. Usahakan agar bayi bersendawa setelah menyusu

Sendawa dapat mengeluarkan udara berlebih pada perut yang ikut tertelan ketika bayi anda menyusu. Sendawa juga bisa melepaskan kejang otot, sehingga mampu menghentikan terjadinya cegukan pada bayi. Caranya berdirikan bayi, kemudian posisikan badan bayi berada dipundak anda, sehingga badan bayi sejajar dengan pundak anda.

Baca juga : mengatasi demam pada anak

3. Buat jadwal makan bayi yang teratur

Pengaturan jadwal makan bayi ini berlaku bagi bayi yang sudah berusia diatas 6 bulan. Karena sudah mulai mendapatkan makanan pendamping asi. Dengan jadwal makan yang teratur dapat membantu bayi menyesuaikan kondisi lambungnya.

4. Berikan pijatan perlahan pada punggung bayi

Ketika bayi anda mengalami cegukan anda dapat memijat atau menggosok punggung bayi secara perlahan dan tenang.

Nah itulah beberapa tips mengatasi cegukan pada bayi. Semoga saja dapat menambah wawasan bagi anda para orang tua, terutama bagi para orang tua baru yang masih sering panik ketika mengurus bayi. Semoga saja memberikan manfaat dan terimakasih atas kunjungan anda.

Sumber : www.bidanku.com

No comments: