Pages

Cara penulisan laporan penelitian

Sunday 13 March 2016

Penulisan laporan adalah penyampaian pengalaman dari peneliti dan hasilnya kepada masyarakat luas agar dapat bermanfaat bagi perkembangan ilmu pengetahuan.

laporan penelitian merupakan salah satu tulisan ilmiah sehingga penulisan laporan penelitian haruslah tersusun seara sistematis serta memenuhi kaidah akademis.

Supaya laporan penelitian menjadi terarah serta memenuhi unsur-unsur ilmiah, maka ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Berikut merupakan beberapa syarat dalam cara penulisan laporan penelitian yang baik :
baca juga :
1. harus tepat tujuan
penulis laporan penelitian haruslah mengetahui seara pasti kepada siapa laporan tersebut akan ditujukan. Seperti kepada sekolah, lembaga pemerintah, organisasi sosial masyarakat, ataupun kepada masyarakat umum.
 
keinginan serta kepentingan dari masing-masing kelompok tersebut bebeda-beda, sehingga bentuk maupun penekanan isi dari laporan ilmiah akan berbeda-beda juga, meskipun masalah yang dijadikan topik penelitian sama.

2. seara sistematis
seorang peneliti juga seharusnya menyadari benar bahwa para alon pembaa laporan penelitian tidak telibat seara langsung serta tidak mengetahui langkah-langkah yang dilakukan di dalam proses penelitian tersebut. 

oleh sebab itu dalam penulisan laporan penelitian haruslah seara sistematis, yaitu langkah-langkah proses penelitian dijelaskan seara jelas dan teurut, temasuk didalamnya alasan mengapa topik tersebut harus diteliti, agar pembaa dapat dengan mudah untuk memahaminya.

3. harus meyakinkan
suatu aporan penelitian haruslah meyakinkan. Peneliti harus dapat meyakinkan pembaa bahawasanya penelitian yang dilakukan sangat penting. Hal ini dikarenakan pengetahuan, keinginan serta latar belakang pembaa yang berbeda-beda. 
 
Dalam menulis sebuah laporan penelitian haruslah menggunakan bahasa yang baik agar mudah dierna dan dipahami oleh pembaa sehingga dapat meyakinkan pembaa bahwa topik tersebut memang penting serta memiliki kegunaan.

4. memiliki kejelasan menurut kaidah ilmu
penelitian yang dilakukan diharapkan dapat memberikan sumbangan terhadap suatu perkembangan ilmu pengetahuan agar penelitian yang telah dilakukan tidak menjadi sia-sia. dalam cara penulisan laporan penelitian harus memiliki kejelasan serta mampu meyakinkan para pembaa akan pentingnya hasil penelitian yang dilakukan.

Selain tata ara penulisan laporan penelitian sebaiknya kita juga mengetahui mengenai jenis-jenis laporan penelitian yang ada. berikut akan di bahas mengenai beberapa jenis-jenis laporan penelitian.

a. laporan lengkap
laporan lengkap atau bisa disebut dengan monograf adalah suatu laporan yang berisi proses penelitian seara menyeluruh, dengan menyebutkan semua teknikserta pengalaman peneliti dalam melakukan kegiatan penelitian.

b. artikel ilmiah
artikel ilmiah merupakan laporan yang berisi inti sari dari laporan lengkap. penulisan artikel ilmiah lebih padatserta disesuaikan dengan jumlah halaman yang disediakan dalam jurnal ilmiah.

c. laporan ringkas
laporan ringkas atau summary report ialah laporan dari artikel yang pernah ditebitkan dan ditulis ulang menggunakan bentuk serta gaya bahasa yang lebih sederhana agar lebih mudah dipahami oleh masyarakat.

d. laporan untuk aadministrator dan pembuat keputusan
merupakan laporan penelitian yang dibuat untuk diserahkan kepada pemerintah, terutama yang bekenaan dengan penelitian tindakan.

Sebuah laporan penelitian haruslah memuat beberapa hal penting sebagai beikut :
1. penyataan tentang masalah yang ingin dipeahkan oleh peneliti dalam penelitian tersebut.

2. prosedur penelitian, menakup desain penelitian, metode penelitian yang dipilih, sampel yg di tarik, teknik pengumpulan data, dan juga metode analisi data yang digunakan.

3. hasil penelitian serta penemuan-penemuan

4. implikasi yg dapat ditarik dari penelitian itu

kerangka penulisan laporan penelitian yang uumum digunakan oleh para peneliti ilmu sosial sebagai beikut :

1. bagian awal
tediri dari halaman judul,abstrak, kata pengantar, daftar isi, daftar tabel, daftar gambar atau diagram

2. bagian badan laporan
terdiri dari pendahuluan, kerangka teoritis, metodologi penelitian, pelaksanaan peanelitian, hasil penelitian & pembahasan, kesimpulan dan saran

3. bagian penutup
terdiri dari : lampiran , indeks, daftar pustaka.

No comments: