Pages

Tahapan-Tahapan dalam Klasifikasi

Thursday 10 March 2016

Tahapan-Tahapan dalam Klasifikasi. Jika sebelumnya kita sudah membahas mengenai tujuan, manfaat serta dasar-dasar klasifikasi, maka pada pembahasan kali ini akan di bahas mengenai tahapan-tahapan dalam klasifikasi. Klasifikasi didasarkan pada persamaan ataupun perbedaan mahluk hidup. Tujuan dari klasifikasi itu sendiri adalah untuk memudahkan pengenalan, menyusun hubungan kekerabatan, serta memudahkan dalam mempelajari mahluk hidup.
Baca juga : tujuan, manfaat dan dasar klasifikasi

Pengklasifikasian mahluk hidup bisa dilakukan melalui beberapa tahap seperti pecandraan ciri-ciri mahluk hidup, pemberian nama takson, pengelompokkan berdasarkan ciri-ciri.

1. Pecandraan ciri-ciri mahluk hidup

Proses awal dari klasifikasi adalah pecandraan atau pengidentifikasaian ciri-ciri/ sifat dari organisme.identifikasi diawali dari ciri morfologi, anatomi serta fisiologis.

2. Pengelompokkan berdasarkan ciri-ciri

Mahluk hidup dikelompokan berdasarkan persamaan atau perbedaan ciri-ciri yang dimiliki.

3. Pemberian nama takson

Setelah dilakukan pengelompokan berdasarkan ciri-ciri yang dimilikinya, maka tahapan yang berikutnya adalah memberikan nama takson pada kelompok tersebut.

Urutan tingkatan takson dalam klasifikasi

Agar dapat lebih mudah dalam melakukan pengelompokan mahluk hidup yang beragam, maka dibuatlah suatu aturan dalam pengelompokan. Pengelompokan dimulai dari tingkatan yang paling rendah hingga tingkatan yang palling tinggi.

a. Spesies

Yaitu takson yang menjadi satuan / unit dasar klasifikasi. Dalam satu spesies terdapat berbagai varietas dan ras. Istilah varietas digunakan untuk tumbuhan sedangkan istilah ras digunakan untuk hewan.

b. Genus / marga

Geus merupakan tingkatan takson yang mempunyai beberapa spesies sbg anggotanya. Beberapa spesies yang memiliki persamaan ciri-ciri dimasukan dalam genus yg sama.

c. Suku / familia

Tingkatan takson dimana anggota terdiri dari beberapa marga/ genus.

d. Bangsa / ordo

Tingkatan tokson yang menghimpun beberapa suku/ famili

e. Kelas / classis

Beberapa ordo dengan persamaan ciri-ciri di masukkan dalam satu kelas

f. Filum / divisi

Tingkatan takson yg menghimpun beberapa kelas yang mempeunyai persamaan ciri-ciri. Filum dipakai untuk menunjuk takson hewan, sedangkan divisi digunakan untuk menunjuk takson tumbuhan.

g. Kingdom / kerajaan

Baca juga : cabang ilmu biologi

Identifikasi mahluk hidup
Identifikasi mahluk hidup adalah menentukan perbedaan dan persamaan antara dua organisme, kemudian menentuka apakah keduanya beda atau sama baru kemudian memberikan nama. Kegiatan utama dalam identifikasi adalah klasifikasi dan tata nama.

Untuk dapat mengidentifikasi organisme yg baru dikenal maka dibutuhkan alat pembanding yang dapat berupa gambar, awetan hewan/ tumbuhan yg telah diketahui namanya (kunci identifikasi).

Semoga bermanfaat pembahasan mengenai tahapan-tahapan klasifikasi. Selamat belajar dan selalu pintar ya. Terimakasih kunjungannya.

No comments: