Pages

Mengenal Manfaat Kunyit

Wednesday 26 July 2017

Mengenal Manfaat Kunyit. Tumbuhan yang memiliki nama ilmiah Curcuma longa Linn ini sudah sangat familiar bagi masyarakat indonesia. Kunyit sendiri di masyarakat jawa tengah lebih dikenal dengan sebutan kunir. Kunyit lebih familiar sebagai bumbu dapur yang hampir selalu ada di dapur setiap rumah. 

Kandungan zat yang terkandung dalam kunyit antara lain : zat warna kurkuminoid, magnesium, seng, kalsium, kalium, tanin, zat besi, glukosa, natrium, serta fruktosa. Selain itu kunyit juga memiliki kandunya minyak astiri hingga 5 %. Kunyit biasa digunakan sebagai obat anti inflamasi atau menyembuhkan luka. Namun sebenarnya masih ada beberapa manfaat kunyit bagi kesehatan yang bisa anda coba :

1. Manfaat kunyit untuk kesehatan lambung

Makanan yang kita konsumsi banyak mengandung zat korosif yang bisa merusak lambung kita, konsumsi kunyit dapat mengurangi kerusakan pada lambung karena kunyit dapat memberikan lapisan pelindung pada lambung.

2. Masalah saat menstruasi

Banyak wanita yang mengalami masalah saat menstruasi baik itu mengenai siklusnya maupun rasa nyeri saat menstruasi. Konsumsi kunyit dapat membantu mengurangi masalah-masalah tersebut.

3. Mencegah dan mengobati kanker usus besar

Kunyit dipercaya dapat membantu mengobati sakit kanker usus besar serta mencegah terkena sakit kanker usus besar dengan cara mengurangi jumlah kelenjar prakanker pada tubuh pasien. Selain untuk kanker usus besar kunyit juga dapat mengurangi resiko terkena kanker darah atau leukimia.

4. Mengatasi masalah pencernaan

Kunyit juga dapat membantu masalah pencernaan serta dapat mencegah penumpukan gas pada sistem pencernaan.

Itulah beberapa manfaat kunyit bagi kesehatan tubuh kita. Semoga artikel ini bermanfaat dan terimakasih atas kunjungannya.

No comments: