Pages

Makanan Pemicu Asam Lambung

Tuesday 6 June 2017

Makanan Pemicu Asam Lambung. Sakit yang berhubungan dengan pencernaan terutama dengan organ lambung memang banyak dikeluhkan oleh banyak orang. Sakit maagh atau sakit asam lambung memang terkesan sepele namun bagi yang menderita sakit tersebut pasti merasa cukup terskisa. 

Ada beberapa jenis makanan yang dapat memicu naiknya asam lambung, meskipun tiap-tiap orang berbeda. Bisa jadi makanan yang menyebabkan asamlambung untuk seseorang tidak memicu asam lambung bagi orang lain. Maka ari itu sebaiknya kita bisa paham makanan apa saja yang bisa memicu naiknya asam lambung.

Berikut beberapa jenis makanan pemicu asam lambung :

1. Makanan pedas

Jika anda memiliki riwayat sakit maagh atau asam lambung sebaknya anda mengurangi atau bahkan menghindari konsumsi makanan pedas. 

2. Sayuran dan buah dengan kadar asam yang tinggi

Buah dan sayur memang makanan dengan kandungan serat yang baik bagi pencernaan, namun ada beberapa jenis sayur dan buah yang kurang baik bagi penderita asam lambung. Beberapa jenis buah tersebut antara lain : nanas, belimbing wuluh, mangga muda, kedondong, jeruk, lemon , anggur serta tomat. Buah-buahan tersebut memiliki kadar asam yang cukup tinggi. Selain buah dengan kandungan asam yang tinggi makanan yang bersifat asam seperti cuka, acar serta asinan juga sebaiknya dikurangi.


3. Makanan yang tinggi kandungan gas

Beberapa contoh makanan yang memiliki kandungan gas yang tinggi antara lain nangka, kubis, sawi, ubi, kol.

4. Makanan berlemak dan berminyak

Sebaiknya anda menghindari jenis makanan yang berlemak dan berminyak seperti gorengan, serta kentang gorengan.

5. Cokelat
cokelat juga termasuk jenis makanan yang dapat memicu naiknya asam lambung.

6. Alkohol

Alkohol juga dapat memicu naiknya asam lambung. Sebaiknya anda menghindari alkohol serta makanan dengan kandungan alkohol yang tinggi seperti tape singkong, manisan buah dan sayur. Selain alkohol minuman bersoda juga dapat memicu naiknya asam lambung.

7. Makanan bertekstur keras

Makanan dengan tekstur akan sulit untuk dicerna oleh lambung. Beberapa contoh makanan dengan tekstur yang keras antara lain : pasta, daging merah, roti putih serta nasi putih.

Itulah beberapa jenis makanan yang dapat memicu naiknya asam lambung. Bagi anda penderita asam lambung sebaiknya mulai berhati-hati dengan beberapa jenis makanan tersebut. Semoga bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung.

No comments: