Pages

Macam – macam Jenis Tepung

Saturday 24 September 2016

Macam – macam Jenis Tepung. Bagi yang sudah terbiasa dengan dunia masak memasak tentu bukan menjadi hal yang membingungkan untuk membedakan jenis-jenis tepung yang ada. Selain memang jenis tepung bermacam-macam, sebutan untuk tepung juga terkadang berbeda-beda di tiap-tiap daerah.

Pengalaman pribadi penulis ketika sedang belajar membuat kue dan membaca resep, penulis mulai agak bingung dengan macam-macam tepung yang tertulis di resep. Daripada kebingungan penulis semakin berkepanjangan akhirnya googling dan mendapatkan pencerahan. Semoga bagi anda-anda yang mengalami kebingungan yang sama seperti yang penulis alami artikel ini dapat membantu ada.

Ok langsung saja kita bahas satu demi satu ya macam-macam jenis tepung.
1. Tepung tapioka

Tepung tapioka terbuat dari singkong. Tepung tapioka memiliki beberapa nama lain seperti tepung tepung kanji, aci sampeu, tepung singkong. Tepung tapioka hampir sama dengan tepung sagu. Tepung tapioka juga kadang di manfaatkan sebagai perekat makanan. Beberapa makanan yang menggunakan bahan dasar tepung tapioka antara lain cimol, bakso, kue lapis, kue biji ketapang ataupun sebagai bahan campuran beberapa kue tradisional lainnya.

2. Tepung sagu

Tepung sagu terbuat dari batan pohon sagu yang diambil sari patinya. Tepung sagu berwarna putih agak gelap. Harga tepung sagu lebih mahal di banding dengan tepung tapioka. Tepung saggu memang masih agak sulit didapatkan. Namun anda jangan khawatir karena anda dapat menggantinya dengan tepung tapioka yang sudah lebih familiar dan mudah didapatkan.

3. Tepung maizena

Tepung maizena terbuat dari endosperma biji jagung. Tepung maizena ini juga dikenal dengan tepung jagung atau pati jagung. Tepung maizena biasanya digunakan seagai pengental masakan seperti sup maupun pengental saus tiram.

4. Tepung beras

Tepung ini berasal dari beras yang ditumbuk maupun digiling. Tepung beras sendiri ada dua macam yaitu tepung beras yang terbuat dari beras biasa dan tepung beras ketan yang terbuat dari beras ketan. Tepung beras biasanya digunakan untuk membuat aneka jenis kue tradisional seperti kue nagasari ( resep dan cara membuat kue nagasari), bubur sum-sum dll.

5. Tepung terigu

Tepung tergu terbuat dari bulir biji gandum. Tepung terigu merupakan salah satu jenis tepung yang paling familiar di telinga. Tepung terigu biasanya dipakai untuk membuat mie. Tepung terigu sendiri terdiri dari tiga jenis yaitu :

a. Tepung terigu protein tinggi

Memiliki kadar protein minimal 13 %. Tepung ini biasa digunakan untuk membuat mie dan roti (bread flour).

b. Tepung terigu protein rendah

Memiliki kadar protein gluten 8-11%, biasanya dipake untuk membuat bakpau, kue kering, pastel dan gorengan.

c. Tepung terigu protein sedang

Memiliki kadar protein gluten 12%, biasanya digunakan untuk membuat cake, brownis, muffin, donat, onde-onde dan lainnya.

Demikian penjelasan mengenai macam-macam jenis tepung, semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan. Terimakasaih telah berkunjung.

Sumber : wikipedia.co.id
Resepkita.com

No comments: