Pages

Manfaat dan Khasiat Buah Lemon

Thursday 22 September 2016

Manfaat dan Khasiat Buah Lemon. Buah lemon merupakan salah satu jenis buah yang biasa dimanfaatkan untuk dibuat minuman seperti lemon tea. Selain untuk bahan minuman, lemon juga biasanya dimanfaatkan sebagai pelengkap bumbu masakan, sebagai campuran pencuci piring dan lain sebagainya.

Kandungan yang terdapat pada buah lemon antara lain : protein, lemak, serat, karbohidrat, vitamin c, zat thiamin, vitamin B-6, riboflavin, zat besi, kalsium, asam pantotenat, magnesium, kalium, fosfor, mangan serta tembaga.



Banyaknya kandungan yg terdapat pada buah lemon tentu saja memberikan peran manfaat buah lemon bagi tubuh kita. Berikut beberapa manfaat dan khasiat buah lemon bagi tubuh kita :

1. Lemon untuk mencerhkan kulit dan memperkecil pori-pori.

Anda bisa memanfaatkan buah lemon untuk digunakan sebagai masker wajah. Campur perasan air lemondan madu, lalu gunakan sebagai masker wajah. Masker lemon dan madu secara rutin dapat membuat kulit wajah lebih cerah serta memperkecil pori-pori kulit.

2. Mengatasi kulit kering pada bagian tumit dan lutut.

Bagian tumit dan lutut biasanya memiliki permukaan yang lebih kasar dan keras. Anda dapat mengatasi hal ini dengan menggunakan potongan buah lemon dan gosokkan pada tumit dan lutut. Tunggu hingga air lemon meresap, kemudian bilas dengan air bersih.

3. Untuk menghilangkan kutil

Teteskan perasan air jeruk lemon pada kutil, biarkan meresap. Lakukan secara rutin hingga kutil mengecil dan hilang.

4. Mengurangi ruam kulit dan gatal

Oleskan irisan lemon pada bagian kulit yang mengalami ruam atau gatal.

5. Mengurangi ketombe

Jeruk lemon juga dapat membantu menjaga kesehatan kulit kepala, caranya campurkan air lemon dengan minyak zaitun hangat. Kemudian gunakan untuk memijjit kkepala secara perlahan. Diamkan sekitar 15 menit baru di bilas dengan air dan conditioner.

6. Detoksifikasi racun dan membersihkan darah.

Konsumsi jus lemon dapat menghilangkan racun dalam tubuh dan mengeluarkan racun tersebut bersama dengan sisa metabolisme. Selain itu jus lemon juga membantu membersihkan darah.

7. Menstabilkan tekanan darah tinggi

Kandungan kalium pada buah lemon dapat mengontrol tekanan darah yang tinggi, karena efek kaliu yang menenangkan sehingga bisa juga digunakan sebagai obat anti stres, mengurangi pusing serta mual.

8. Melancarkan pencernaan.

Lemon dapat meningkatkan gerak peristaltik perut dan membant BAB secara teratur. Anda dapat mengkonsumsi lemon dengan air hangat agar dapat merasakan manfaat buah lemon.

9. Mengurangi terkena resiko batu ginjal.

Air lemon yang dikonsumsi bersama dengan air minum dapat meningkatkan sitrat kemih yang dapat menurunkan terbentuknya kristal yang dapat membentuk batu ginjal.

10. Meringankan peradangan

Jus lemon dapat meningkatkan jumlah urin serta mengeluarkan racun dan bakteri dari aliran darah. Jus lemon juga dapat membantu meringankan penyakit peradangan dan rematik.

Itulah beberapa manfaat dan khasiat buah lemon, semoga saja dapat memberikan manfaat bagi anda. Terimakasih telah berkunjung.

No comments: